Kesejahteraan Psikologis: 7 Hal yang Buat Kamu Bahagia Secara Psikis

Kesejahteraan psikologis
Kesejahteraan psikologis. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ingat Peristiwa Kehidupan Positif

Luangkan waktu untuk memikirkan beberapa kenangan terbaik dalam hidupmu. Baik itu liburan keluarga yang kamu lakukan 10 tahun lalu atau penghargaan yang kamu menangkan di tempat kerja dua tahun lalu, mengingat saat-saat terindah dalam hidupmu dapat membawa lebih banyak kepositifan pada pola pikirmu serta kesejahteraan psikologis yang meningkat.

Mengenali hal-hal baik yang telah terjadi padamu dari waktu ke waktu—orang-orang yang telah membangun kenangan bersamamu atau saat-saat indah yang kamu alami—merupakan bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Mereka berfungsi sebagai pengingat akan kepenuhan yang ditawarkan kehidupan, terutama ketika keadaan dapat menjatuhkanmu.

Lakukan Tindakan Kebaikan

Melakukan hal-hal baik untuk orang lain mengingatkanmu bahwa kamu memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan di dunia. Memberi kepada orang lain juga membantumu berpikir lebih positif dan merasa lebih bahagia. Membantu tetangga yang membutuhkan, menjadi sukarelawan untuk kegiatan komunitas, atau mengumpulkan uang untuk amal hanyalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Baca Juga:7 Karakteristik Self-Esteem yang Rendah, Hati-Hati Terhadap Level Harga Dirimu4 Tanda Harga Diri yang Rendah, Pastikan Kamu Tidak Memilikinya!

Juga, temukan cara untuk bersikap baik kepada orang lain dalam kehidupan sehari-harimu. Melakukan hal itu menguntungkanmu dalam beberapa cara. Faktanya, para peneliti telah menunjukkan bahwa tindakan kebaikan individu melepaskan endorfin dan oksitosin — hormon yang membuatmu merasa nyaman — dan menciptakan koneksi saraf baru.

Akibatnya, kebaikan bisa menjadi kebiasaan yang memperkuat diri sendiri yang membutuhkan lebih sedikit usaha untuk berlatih. Ada juga beberapa bukti yang menghubungkan kebaikan dan penyembuhan. Jadi temukan cara untuk bersikap baik kepada orang lain dan tubuh serta pikiranmu akan berterima kasih.

Berlatih Mindfulness

Mindfulness, yang berarti tetap pada saat ini, telah dikaitkan dengan banyak manfaat, mulai dari kebahagiaan yang meningkat hingga ketahanan yang lebih baik. Meskipun mindfulness adalah keterampilan yang membutuhkan latihan dan dedikasi, seiring waktu kamu bisa menjadi lebih baik dalam mempelajari cara hadir dan saat ini. Melakukannya juga memiliki sejumlah manfaat.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa mindfulness membantu orang mengelola stres, mengatasi penyakit serius, dan mengurangi kecemasan dan depresi. Faktanya, orang yang mempraktikkan mindfulness lebih bisa rileks, meningkatkan harga diri, dan lebih bersemangat dalam hidup.

0 Komentar