7 Cara Mengalihkan Diri dari Komentar Buruk di Internet, Tips untuk Kesehatan Mentalmu

Komentar buruk di internet
Komentar buruk di internet. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kerjakan Aktivitasmu

Apakah ada alasan yang kamu yakini atau minat khusus yang kamu miliki? Jika demikian, habiskan waktumu daring untuk memperjuangkan apa yang kamu yakini dan terhubung dengan orang lain yang percaya hal yang sama denganmu (atau yang memiliki minat khusus yang sama denganmu).

Jangan online berharap untuk mengubah pendapat orang lain jika mereka tidak setuju denganmu; sebaliknya, bagikan postingan positif tentang minat khusus atau upaya aktivitasmu. Misalnya, seorang vegan dapat membagikan resep lezat yang telah mereka masak, atau seorang penggemar koin dapat membagikan konvensi yang mereka hadiri.

Tujuannya di sini adalah untuk menemukan ceruk khususmu dan menjadi bagian dari grup sehingga kamu memiliki tujuan daripada membaca komentar online tanpa berpikir.

Hindari yang Negatif

Baca Juga:7 Tips Mengatasi Komentar Negatif di Media SosialMengapa Kolom Komentar Media Sosial Bisa Toxic Untukmu? Ini 5 Alasannya

Andai saja semudah itu, bukan? Sebenarnya jika ingin menjauhi komentar buruk di internet, itu bisa dilakukan (kecuali halaman pribadimu jika ada yang menjebakmu). Cukup hindari situs di mana kamu tahu akan menghasilkan komentar buruk di internet.

Misalnya, jika kamu cenderung mengunjungi satu situs berita tertentu tetapi selalu membaca komentar troll, carilah sumber berita lain yang tidak mengizinkan komentar sehingga menutup potensi munculnya komentar buruk di internet. Dengan cara yang sama, jika kamu mengikuti halaman Facebook yang membujuk pengikutnya untuk memposting komentar militan, berhenti ikuti halaman tersebut.

Menjadi Lebih Kritis

Cara lain untuk mengelola bagaimana komentar buruk di internet memengaruhimu adalah dengan lebih kritis terhadap apa yang kamu baca. Pertimbangkan sumbernya, pertimbangkan apa motivasi orang tersebut, dan minta pendapat kedua jika kamu membutuhkannya.

Misalnya, jika seorang teman selalu memposting hal-hal negatif di postingan Facebook, cobalah untuk memahami motivasinya, minta dia untuk mengirimimu pesan pribadi, dan secara umum pertahankan pendapatmu ketika kamu tidak setuju dengan apa yang telah diposting seseorang (tentang dirimu atau secara pribadi).

Periksa Kecenderunganmu

Apa kecenderunganmu sebelum online? Apakah kamu merasa tertekan, cemas, atau khawatir dengan penampilanmu? Ingatlah bahwa algoritme di sebagian besar aplikasi media sosial dirancang untuk menunjukkan kepadamu lebih banyak hal yang berinteraksi denganmu.

0 Komentar