Menghindari Perilaku Body Shaming, Ini 4 Cara Agar Kamu Lebih Inklusif

Perilaku body shaming
Perilaku body shaming. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Netralitas tubuh mendorong fokus pada fungsi positif yang dapat dilakukan tubuh. Mempelajarinya dapat membuatmu merasa lebih baik tentang tubuhmu sendiri, meningkatkan hubunganmu dengan makanan, dan meningkatkan harga dirimu.

Ubah Caramu Berbicara Tentang Tubuhmu Sendiri

Dalam budaya di mana begitu banyak penekanan ditempatkan pada apa yang salah dengan kita dan perlu perbaikan, rasanya seperti tantangan besar untuk berbicara secara positif tentang tubuh kita sendiri dan menghindari perilaku body shaming. Melakukannya, bagaimanapun, adalah hal yang sehat untuk dilakukan, dan juga menyelamatkan orang lain dari bahaya.

Dengan berlatih berbicara secara positif tentang diri kita dan tubuh kita, dan memperhatikan kualitas tentang diri kita dan orang lain yang kita sukai dan hargai, kita dapat memperdalam kesadaran, welas asih, dan hubungan kita dengan orang lain dan diri kita sendiri.

Baca Juga:Penting! 7 Area Sasaran Body Shaming, Kamu Perlu Memahaminya7 Cara Mengalihkan Diri dari Komentar Buruk di Internet, Tips untuk Kesehatan Mentalmu

Saat kamu berkomentar seperti “Aku merasa sangat gemuk hari ini”, kamu menilai orang gemuk dan menyiratkan bahwa tubuh mereka kurang berharga dibandingkan tubuh orang kurus. Ini bisa menyakitkan bagi siapa pun di sekitarmu, terutama mereka yang lebih besar.

Tidak realistis untuk hanya memikirkan diri sendiri secara positif, tetapi kamu dapat mengungkapkan perasaanmu dengan cara yang tidak terlalu berbahaya bagi orang lain. Untuk contoh di atas, kamu dapat memberi tahu seorang teman dan berkata, “Celana aku tidak pas seperti biasanya, dan itu membuat aku merasa tidak enak.”

Alih-alih mempraktikkan perilaku body shaming, kamu akan terbuka kepada orang yang kamu cintai, menciptakan lebih banyak kedekatan dan kepercayaan di antara kalian berdua.

Mulai Berbicara

Jika kamu telah melalui langkah-langkah untuk berhenti mempermalukan diri sendiri dan orang lain, itu bagus! Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Seperti semua contoh dalam hidup ketika kamu melihat seseorang menyakitimu, penting untuk angkat bicara—selama secara emosional dan fisik aman bagimu untuk melakukannya.

Jika kamu melihat seseorang berkomentar kepada orang lain tentang tubuhnya, apakah itu tentang pakaian atau usia atau ukuran tubuhnya, kamu dapat dengan lembut memberi tahu mereka bahwa tidak apa-apa membicarakan tubuh orang lain. Dan jika itu terjadi secara teratur dengan teman atau orang yang dicintai, kamu dapat mengungkitnya dengan cara yang lebih besar, memberi tahu mereka bahwa cara mereka berkomunikasi tentang tubuh mereka tidak selalu baik untukmu dan orang lain.

0 Komentar