3 Faktor yang Menentukan Mood, Pahami Mengapa Suasana Hatimu Berubah

Faktor yang menentukan mood
Faktor yang menentukan mood (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ini mungkin tidak mengherankan bagi siapa pun yang mendapati diri mereka pemarah dan mudah tersinggung setelah malam yang gelisah bolak-balik. Tetapi apakah berada dalam suasana hati yang baik menyebabkan tidur lebih nyenyak? Sayangnya, penelitian tidak menunjukkan bahwa suasana hati yang baik memiliki efek menguntungkan yang sama pada tidur

Senyum

Meskipun berbagai faktor yang menentukan mood itu kompleks dan beragam, penelitian telah menemukan bahwa mengubah ekspresi wajah secara sukarela dapat memengaruhi suasana hatimu. Dengan kata lain, tersenyum (meskipun kamu berpura-pura) dapat berperan dalam meningkatkan perasaanmu.

Pada dasarnya, mengadopsi ekspresi wajah yang positif memengaruhi pikiranmu dan meningkatkan suasana hati yang lebih positif, terlepas dari apakah senyummu tulus atau tidak.

Alami

Baca Juga:Ikuti Ini! 8 Langkah untuk Meningkatkan Tingkat Produktivitas4 Teori Motivasi, Kenali Asal-Usul Dorongan dalam Dirimu dan Bagaimana Membangkitkannya

Ternyata orang tuamu mungkin benar—pergi keluar untuk bermain sebenarnya bisa membuat suasana hatimu lebih baik. Alam bisa menjadi faktor yang menentukan mood. Studi telah menemukan bahwa memiliki lebih banyak kontak dengan lingkungan alam dapat memiliki efek positif pada suasana hati dan kesejahteraan

Bagaimana Mood Mempengaruhi Kesehatan dan Kesejahteraanmu

Suasana hati dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan. Gangguan suasana hati, seperti gangguan depresi, berhubungan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan fisik, termasuk penyakit jantung dan stroke. Misalnya, satu studi menemukan bahwa orang dengan riwayat depresi memiliki risiko 34% lebih tinggi terkena stroke

Suasana hati juga dapat memengaruhi seberapa baik fungsi seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, seseorang yang mengalami depresi mungkin mengalami kesulitan tidur, berkonsentrasi, dan membuat keputusan.

Suasana hati juga dapat mempengaruhi hubungan dengan orang lain. Orang yang depresi atau cemas mungkin mengalami kesulitan berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Hal ini dapat mempersulit untuk mempertahankan hubungan antarpribadi dan dapat menyebabkan perasaan kesepian dan isolasi sosial.

Penting untuk mencari bantuan dan mengulik faktor yang menentukan mood ini jika kamu mengalami suasana hati yang buruk atau perubahan suasana hati yang tiba-tiba.

Gangguan suasana hati dapat diobati, dan ada sejumlah sumber daya yang tersedia untuk membantu orang yang kesulitan. Jika kamu mengkhawatirkan suasana hatimu, bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan mentalmu.

0 Komentar