Haryanto Ingin Kantor Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Jadi Rumah Kedua Bagi Ormas

Bakesbangpol
0 Komentar

“Nah, di situ perangkat daerah koordinasi dengan Kesbang, mana-mana sekiranya Ormas yang bisa dilibatkan sesuai dengan bidang kegiatan yang saat itu dilaksanakan. Kemudian pemerintah juga ada mungkin yang diberikan, mungkin ini ada hal-hal tertentu. Artinya pengajuan-pengajuan dari Ormas terkait dengan bantuan hibah, meskipun itu sifatnya bagi pemerintah sendiri bukan sesuatu yang wajib dan mengikat. Karena Ormas atau LSM ini justru yang diutamakan adalah keswadayaan. Justru jangan menggantungkan terhadap bantuan terutama dari pemerintah. Karena sekali lagi justru Ormas ini adalah keswadayaan menjadi hal yang pokok,”ujarnya.

Menurutnya, Kesbangpol terutama terkait dengan Ormas itu memang pada posisi masih sebagai pembina ormas. Tetapi konteks pembina ini tentu dalam era sekarang, itu sudah berbeda dengan era dahulu. Terutama misal pada masa era orde baru. Sehingga sekarang pembinaan ini kepada Ormas, pemerintah itu penekanannya kepada pemberdayaan, kemitraan, sehingga dari situ diharapkan interaktifnya bisa lebih dalam melakukan sinergi untuk pembangunan daerah maupun pusat.

Kemudian untuk Kesbang sendiri, sesuai dengan nama, kesatuan bangsa dan politik, tentu situasi politik daerah juga menjadi konsennya juga, perangkat daerah yang ada di kabupaten/kota maupun provinsi, termasuk kemitraan dengan penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu ini sebuah area yang hanya Kesbangpol yang punya kewenangan itu.

Baca Juga:Polsek Wiradesa Berikan Wawasan Bahaya Kenakalan RemajaPemkab Pekalongan Gelar Rapat Evaluasi LKPJ Bupati Tahun 2022

“Sehingga kondusifitas wilayah daerah itu menjadi hal yang sangat penting, tidak hanya untuk pembangunan daerah secara umum, termasuk juga untuk menciptakan stabilitas politik daerah yang tentu mendukung stabilitas politik dalam negeri kita. Untuk itu ayo kita bersama bersinergi tingkatkan lagi untuk pembangunan di Kabupaten Pekalongan yang lebih baik. Kemudian juga yang kedua kita bersama sama membangun situasi yang kondusif untuk jalannya pembangunan itu sendiri maupun dalam kehidupan demokrasi.” tandasnya.

0 Komentar