‘Membenci Ayah Sendiri’: Ini Alasan Kenapa Kamu Merasakannya dan Bagaimana Dampaknya!

Membenci ayah sendiri
Membenci ayah sendiri. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Pelecehan Anak

Anak-anak bergantung pada orang tua mereka untuk bertahan hidup. Ketika orang tua melecehkan mereka secara fisik atau psikologis, anak cenderung berjuang untuk hidup dengan penerimaan diri dan perasaan aman.

Kekerasan Keluarga

Anak-anak perseptif dan sangat sadar akan dinamika relasional antara pengasuh utama mereka. Ketika ayah mereka kasar kepada ibu mereka, anak-anak menjadi protektif dan mungkin memandang ayah mereka sebagai ancaman terhadap kesejahteraan mereka sendiri. Dan memandang ayah sebagai monster sehingga mereka membenci ayah sendiri.

Ketika anak-anak menyaksikan ibu mereka menderita di tangan ayah mereka, hal itu merusak hubungan mereka dengannya dan menarik mereka ke dalam peran seperti orang tua di mana mereka mengambil tanggung jawab yang tidak pantas untuk melindungi orang dewasa yang rentan di dunia mereka.

Baca Juga:Membenci Ibu Sendiri, Harus Apa Jika Merasa Demikian?Membenci Pekerjaan Sendiri, Harus Apa Jika Merasa Demikian?

Dampak Kesehatan Mental Membenci Ayah Sendiri

Romanoff menjelaskan bagaimana konflik dalam hubungan yang kamu dengan ayahmu sendiri dapat memengaruhi kesehatan mental dalam dirimu dan hubunganmu dengan orang lain.

Kesulitan Dengan Kepercayaan dan Keintiman

Anak-anak yang mengalami perasaan negatif yang kuat terhadap ayah mereka cenderung mengalami kesulitan dalam keterikatan mereka dengan orang lain saat dewasa.

Konflik dalam hubungan mereka dengan ayah mereka di masa kanak-kanak menciptakan rasa ketidakpercayaan yang mengakar. Hal ini dapat menyebabkan keraguan untuk lebih dekat dengan orang lain karena mengantisipasi rasa sakit yang terkait dengan keintiman.

Kesulitan Dengan Hubungan Emosional

Ketika orang tua bertindak dengan cara yang tidak terduga atau melecehkan anak mereka, anak mereka tumbuh dengan kesulitan memahami emosi dan perasaan orang lain. Ini membatasi kemampuan mereka untuk membangun hubungan yang stabil dan dekat.

Pada akhirnya, mereka mungkin berjuang untuk terhubung dengan orang lain, menghindari keintiman, atau sangat cemas dalam hubungan.

Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin membenci ayah sendiri. Konflik masa kanak-kanak dengan ayahmu dapat menyebabkan dirimu mengembangkan perasaan benci yang mungkin menyertaimu hingga dewasa. Penting untuk mencari terapi untuk emosi yang kamu alami sehingga kamu dapat mulai sembuh dan melanjutkan hidupmu, menuju penerimaan dan hubungan yang lebih sehat.

0 Komentar