6 Hal untuk Menenangkan Pikiran dari Perasaan Cemas

Menenangkan pikiran
Menenangkan pikiran. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

3 – Jadwalkan Istirahat Khawatir

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi ketika melihat strategi untuk membantumu menemukan kelegaan dan menenangkan pikiran dari kecemasan, tetapi membiarkan dirimu istirahat sejenak dari rasa khawatir setiap hari dapat membebaskan energimu untuk fokus pada tugas yang ada. Bagaimana kamu mengatur ini tergantung pada rutinitasmu.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa khawatir adalah dengan menjadwalkan sebagian waktu di kemudian hari, mungkin 15 menit setelah makan malam, untuk mengatasi kekhawatiranmu hari itu sehingga kamu memiliki kesempatan untuk menenangkan pikiran.

Di awal hari, kamu bisa menuliskan kekhawatiran atau kecemasan yang merayap ke dalam pikiranmu. Kemudian, izinkan dirimu untuk berurusan dengan mereka nanti. Ini memungkinkan kamu menjalani hari sambil tetap menyadari bahwa ada sesuatu yang mengganggumu.

Baca Juga:‘Membenci Ayah Sendiri’: Ini Alasan Kenapa Kamu Merasakannya dan Bagaimana Dampaknya!Membenci Ibu Sendiri, Harus Apa Jika Merasa Demikian?

Nanti, saat kamu melihat daftar kekhawatiran, pastikan untuk menyetel pengatur waktu. Tinjau apa yang kamu tulis, identifikasi pemikiran apa pun yang masih menyebabkan kecemasan, dan coret yang tampaknya tidak penting lagi. Biarkan dirimu beberapa menit untuk duduk dengan setiap masalah.

4 – Ganggu Pikiranmu

Ketika pikiran negatif atau kekhawatiran berlebihan mengalir di kepalamu, rasanya tidak ada cara untuk mematikannya. Salah satu strategi untuk dicoba adalah menyela pikiran cemasmu dengan melakukan hal lain.

Meskipun mungkin tidak berhasil setiap saat, kamu mungkin menemukan bahwa berhenti berpikir berlebihan dapat membantumu menenangkan pikiran dan menyebabkan lebih sedikit pikiran mengganggu sepanjang hari.

Berikut adalah beberapa teknik untuk dicoba:

  • Terlibat dalam suatu kegiatan
  • Keluarlah dan jalan-jalan
  • Tulis pemikiran acak ke dalam jurnal
  • Sibukkan tanganmu dengan menggambar, merajut, mengerjakan teka-teki, atau membuat sesuatu

5 – Berlatih Meditasi Perhatian dan Relaksasi

Meditasi mindfulness, relaksasi, dan latihan pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuhmu, yang dapat membuatmu merasa tidak terlalu khawatir.

Plus, hanya perlu beberapa menit setiap hari untuk merasakan perbedaannya. Gunakan waktu ini untuk menyadari apa yang terjadi dalam pikiran dan tubuhmu.

Mulailah dengan lima menit sehari dan tingkatkan hingga saat-saat penuh perhatian beberapa kali sehari.

0 Komentar