3 Alasan yang Menjadi Penyebab Paranoid dalam Hubungan

Penyebab paranoid dalam hubungan
Penyebab paranoid dalam hubungan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Artikel ini mengeksplorasi hal-hal yang bisa menjadi penyebab paranoid dalam hubungan, atau situasi di mana kamu memiliki kekhawatiran berlebihan terhadap banyak hal dalam hubunganmu, serta beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengurangi risiko penyebab paranoid dalam suatu hubungan.

Daftar Penyebab Paranoid dalam Hubungan

Ada banyak penyebab paranoid dalam hubungan, kata Dr. Romanoff. Di bawah ini, dia menguraikan beberapa penyebab paranoia hubungan.

Hubungan Sebelumnya

Hubungan masa lalu seseorang mungkin berdampak dan berkontribusi menjadi penyebab paranoid dalam hubungan mereka saat ini karena paranoia seringkali berasal dari peristiwa kehidupan yang traumatis di masa lalu orang tersebut.

Baca Juga:9 Cara Agar Tidak Terlalu Paranoid dalam HubunganEmotional Baggage: Ketika Trauma Belum Diselesaikan Sepenuhnya

Misalnya, orang tersebut mungkin telah berulang kali ditipu di masa lalu, atau kepercayaannya mungkin telah dilanggar berat. Itu bisa mewarnai cara mereka melihat dunia, dan pada gilirannya, pikiran paranoid mereka bisa menjadi mekanisme pertahanan untuk melindungi dari ancaman di masa depan.

Peningkatan Tingkat Stres

Utamanya, penyebab paranoid dalam hubungan lainnya adalah tingkat stres yang tinggi. Secara khusus, orang dengan tingkat stres tinggi lebih cenderung mengalami pikiran paranoid.

Kombinasi faktor sejarah dan lingkungan dapat berkontribusi pada paranoia hubungan, di mana jika seseorang memiliki riwayat trauma atau pelanggaran kepercayaan dan tingkat stres hubungan yang tinggi, mereka mungkin lebih cenderung menjadi paranoik dan sangat waspada terhadap ancaman.

Pelanggaran Kepercayaan

Penting untuk dicatat bahwa paranoia dapat berasal dari penyebab paranoid dalam hubungan yang valid. Pasangan orang tersebut mungkin telah melanggar kepercayaannya, baik baru-baru ini atau di masa lalu, karena perselingkuhan atau faktor lain seperti keuangan atau situasi sosial.

Jika kamu merasa paranoid, memercayai insting yang kamu rasakan dapat membantu, terutama jika pasangan yang menjalin hubungan denganmu telah memberi dirimu alasan untuk tidak percaya di masa lalu atau jika ada yang tidak beres dalam hubungan tersebut.

Dampak Paranoid dalam Hubungan

Selain penyebab paranoid dalam hubungan, kamu juga perlu tahu bagaimana dampak paranoid dalam hubungan dapat merusak kesehatan dirimu baik fisik maupun mental, pasanganmu, dan hubunganmu. Dr. Romanoff menjelaskan dampak paranoia hubungan di bawah ini.

0 Komentar