5 Tips Jurnaling untuk Berdamai dengan Kecemasan

Jurnaling untuk berdamai dengan kecemasan
Jurnaling untuk berdamai dengan kecemasan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Tanyakan pada dirimu pertanyaan seperti:

Seberapa besar kemungkinan hal ini akan terjadi? Bagaimana kamu tahu? Apa kamu yakin?

Jika apa yang kamu takutkan benar-benar terjadi, bukankah itu pengalaman negatif seperti yang kamu pikirkan? Mungkinkah itu netral atau bahkan positif?

Apakah ada caramu dapat menggunakan keadaanmu untuk menciptakan hasil yang lebih baik? Bisakah kamu menggunakan apa yang kamu miliki untuk membuat yang terbaik dari potensi perubahan? Apakah ada perubahan yang dapat terjadi (atau yang dapat kamu lakukan) yang akan menjadi lebih baik?

Baca Juga:2 Tingkatan Love Bombing, Ketika Orang Menghujanimu Cinta untuk MemanipulasiKenali Tanda dan 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gaslighting

Menantang pikiranmu dapat membantumu menyingkirkan kecemasan. Ini membantumu melihat bahwa hal-hal kecil kemungkinannya terjadi daripada yang kamu pikirkan, atau bahwa hal-hal tidak seburuk yang kamu pikirkan.

Berpikir Berbeda

Untuk setiap ketakutan atau kekhawatiran yang kamu miliki, cobalah untuk menuliskan setidaknya satu cara (tetapi sebaiknya lebih) di mana kamu dapat memikirkannya secara berbeda. Hasilkan cerita baru untuk dirimu sendiri, bahkan serangkaian kemungkinan baru. Tulis ini di samping rasa takut yang saat ini ada di kepalamu. Inilah cara menjadikan jurnaling untuk berdamai dengan kecemasan.

Juga bermanfaat untuk memeriksa distorsi kognitifmu untuk melihat bagaimana kamu bisa mendapat manfaat dari mengubah pola pikir yang memicu stres.

Ingat Kekuatanmu

Pikirkan tentang tantangan terbesar yang pernah kamu hadapi dan atasi. Melihat momen terkuat dan paling bijakmu, menurutmu apakah kamu dapat menggunakan kekuatan dan kebijaksanaan yang sama untuk menang dalam tantangan potensial ini juga?

Menurutmu, apa yang dapat kamu pelajari darinya? Menurutmu dengan cara apa kamu akan memperoleh kekuatan sewaktu kamu menghadapi rintangan baru ini?

Memikirkan kekuatan dan momen terbaikmu dapat membantumu untuk mengingat bahwa, meskipun kamu mungkin tidak menikmati saat ini, kamu memiliki kekuatan untuk menghadapi apa yang akan datang. Kamu mungkin menemukan kekuatan baru yang kamu tidak tahu kamu miliki!

Pertimbangkan Sebuah Rencana

Dengan asumsi apa yang Anda takutkan benar-benar terjadi, apa yang akan kamu lakukan? Kamu tidak perlu membuat rencana yang lengkap, coba catat sumber daya yang akan kamu gunakan dan langkah selanjutnya yang akan kamu ambil.

0 Komentar