6 Cara Mengatasi Rasa Cemas yang Datang Tiba-tiba Menurut Psikologi

mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba
Ilustrasi rasa cemas
0 Komentar

Sementara kecemasan berasal dari dalam diri individu, tidak jelas dan belum tentu nyata, serta bisa menimbulkan konflik bagi individu.

Faktor penyebab gangguan kecemasan ini ada bermacam-macam, ada yang memang berasal dari faktor genetik, faktor biologis, lingkungan, bahkan tekanan-tekanan tertentu yang dialami seseorang.

Karena siapa saja bisa mengalaminya, sehingga kita perlu tau apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi gangguan kecemasan tersebut.

Baca Juga:Ini Dia, 8 Cara Ampuh Mengatasi Stres Menurut Psikologi5 Tips Menerapkan Konsep Frugal Living di Hidup Kita Agar Terhindar dari Stres

Cara mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba:

1. Mengenali pemicunya

Untuk mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba yang pertama adalah, dengan cara mengenali situasi apa saja anda akan mulai merasa tertekan, gelisah dan kemudian anda merasakan cemas.

Ketika anda sudah mampu mengidentifikasi, selanjutnya berlatihlah untuk menghadapinya kalau anda belum mampu, sebisa mungkin hindari dulu situasi yang bisa memicu rasa cemas itu hadir.

2. Berpikir positif

Saat anda mulai merasa cemas anda akan mulai memikirkan hal-hal yang negatif, dimana hal tersebut sebenarnya belum tentu terjadi.

Sehingga anda harus mengalihkan secara perlahan pikiran negatif tadi menjadi pikiran yang sifatnya positif

Anda bisa mengalihkan pada aktivitas yang bisa membuat anda sedikit lebih rileks, contohnya seperti melakukan hal yang anda senangi, ini baik untuk mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba.

3. Menerapkan latihan pernapasan dalam

Latihan pernafasan bisa menjadi opsi mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba. (freepik)

Latihan mengambil nafas dalam, ini bisa untuk meningkatkan hormon kortisol yang bagus untuk menekan stres dalam tubuh.

Baca Juga:Awas Saldomu! Ini 5 Tips Terhindar dari Serangan E-Skimming Saat Belanja Online7 Langkah Melakukan Manifestasi, Sebuah Bentuk Law of Attraction dalam Psikologi

Ini bisa dilakukan dengan cara menarik napas selama 3 detik, kemudian hembuskan selama 3 detik dengan membayangkan kita sedang melepas beban pikiran.

Karena biasanya saat gangguan cemas datang, akan membuat nafas menjadi lebih pendek dan cepat, memicu detak jantung yang cepat, lemas bahkan sampai pusing.

4. Berbicara dengan orang lain

Interaksi sosial yang baik bisa mengurangi rasa cemas. (freepik)

Alih-alih memilih untuk menyendiri, sebenarnya berbicara dengan orang lain mampu digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan atau mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba.

0 Komentar