6 Cara Mengatasi Rasa Cemas yang Datang Tiba-tiba Menurut Psikologi

mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba
Ilustrasi rasa cemas
0 Komentar

Karena saat berbicara dengan orang lain, maka fokus akan beralih ke individu yang kita ajak bicara, mintalah dukungan secara psikologis juga, sehingga rasa cemas bisa teratasi.

5. Hindari konsumsi kafein

Kafein yang berlebihan justru bisa menambah cemas. (freepik)

Kafein sendiri memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kerja sistem saraf pusat, termasuk meningkatkan aktivitas detak jantung karena pengaktifan hormon adrenalin.

Baca Juga:Ini Dia, 8 Cara Ampuh Mengatasi Stres Menurut Psikologi5 Tips Menerapkan Konsep Frugal Living di Hidup Kita Agar Terhindar dari Stres

Sementara itu, semakin orang merasa deg-degan, justru rasa cemas atau bahkan panik akan semakin terasa. Oleh karena itu hindari konsumsi kafein yang berlebih, jadi cara ini juga baik untuk mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba.

6. Konsultasi dengan profesional

Apabila rasa cemas yang timbul intensitasnya tinggi dan sering, ada baiknya untuk menghubungi dan mengkonsultasikan gejala-gejala yang terjadi kepada pihak profesional, psikolog atau dokter.

Apalagi jika dilihat intensitasnya sering dan sudah mengarah pada berlebihan maka ini perlu dilakukan terapi atau bahkan pemberian obat-obatan maupun suplemen.

Demikian beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi rasa cemas yang datang tiba-tiba. Pastikan untuk selalu mengenali diri kalian sendiri di segala situasi. Latih diri agar tidak mudah merasa cemas, dan senantiasa untuk menjaga kesehatan mental kalian ya. Ini penting untuk meningkatkan potensi bahagia. (*)

Sumber gambar : Image by yanalya on Freepik

0 Komentar