RADARPEKALONGAN.ID – Tips merawat motor bebek yang berumur lebih dari 10 tahun ini berfungsi agar motor bebek tetap tangguh. Tentu diperlukan perawatan yang rutin dan intensif guna menghindari kerusakan berat, yang mana bisa mengakibatkan restorasi berat yang menguras kantong.
Motor berjenis transmisi manual tersebut memiliki pangsa pasar yang tidak sebesar skuter matic di era Revolusi Industri 5.0 sekarang ini.
Namun di balik itu, motor yang identik dengan sebutan “motor bapak” tersebut memiliki mesin yang bandel serta memiliki teknologi pembuangan bahan bakar yang irit pada masanya.
Baca Juga:Resmi! Vespa GTV 2023 Resmi Diluncurkan Piaggio di IndonesiaPengguna Matic Wajib Tahu! Tips Memilih Oli untuk Motor Matic, Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan
Meski demikian usia motor bebek masih bisa awet bertahan lama apabila dirawat secara rutin. Apabila dirawat secara apik dan rutin, maka performa kuda besi jenis transmisi manual tersebut masih bisa bersaing dengan motor yang diproduksi sekarang.
Lalu bagaimana cara merawat motor manual yang sudah berumur tua? Simak penjelasan tips merawat motor bebek berikut.
Tips Merawat Motor Bebek yang Berumur Lebih dari 10 Tahun
Rutin Menghidupkan MesinSepeda motor dengan mesin karburator seperti jenis bebek termasuk golongan motor tua atau sudah berumur. Oleh karena itu perlu untuk kita rutin dalam menghidupkan mesin motor dahulu sehari 2-5 menit.
Tujuan hal tersebut yaitu untuk meningkatkan suhu mesin motor serta menghindari adanya perubahan suhu secara tiba-tiba. Penyesuaian suhu secara berkala dapat membuat komponen mesin yang lain siap untuk memulai kinerja yang optimal setelah lama tidak digunakan.
Selain itu, rajin menghidupkan mesin motor berfungsi untuk menjamin sirkulasi oli melumasi semua komponen mesin dengan sempurna.
Rutin Servis BerkalaSebuah motor sejatinya perlu melakukan servis rutin berkala setiap 3 bulan sekali, tanpa terkecual motor yang sudah lama tidak digunakan.
Servis yang biasa dilakukan yaitu membersihkan karburator mesin, penggantian filter karburator, pengecekan kelistrikan pada motor dan mengganti komponen kelistrikan apabila terdapat masalah mengenai kelistrikan, mengecek kualitas busi sebagai pemantik pengapian pada motor, mengecek filter oli, mengecek kondisi oli, dan lain sebagainya.