Mengenal Rabu Terakhir di Bulan Safar, Ini 3 Ritual Rabu Wekasan dalam Perspektif Islam yang Dapat Diamalkan, Lengkap dengan Doa

Ritual Rabu Wekasan dalam Perspektif Islam
Ilustrasi Ritual Rabu Wekasan dalam Perspektif Islam (Image by Freepik)
0 Komentar

Artinya : “Aku berniat sholat menghilangkan bala dua rakaat sunnat karena Allah SWT.”

Shalat dilakukan 4 roka’at dengan 2 kali salam. Adapun bacaan pada tiap raka’at sebagai berikut:

  • Membaca surat al-Kautsar sebanyak 17x pada raka’at pertama
  • Membaca surat al-Ikhlas sebanyak 5x pada raka’at kedua
  • Membaca surat al-Falaq sebanyak 1x pada raka’at ketiga
  • Membaca surat an-Naas sebanyak 1x pada raka’at keempat

3. Berdoa

Setelah salam kemudian membaca doa. Doa Rabu Wekasan sebagai berikut:

اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ يَا مَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جمِيْعُ خَلْقِكَ يَا مُحِسِنُ يَا مُجْمِلُ يَا مُتَفَضِّلُ

.يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لآاِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ إِرْحَمْنَا بِرَحْمًتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اللَّهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَاَخِيْهِ وَجَدِّهَا وَاَبِيْهِ وَاُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنَا شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَاكَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَادَافِعَ

.الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللّٰهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ

وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِا اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَ صَلَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّ عَلَى

أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Baca Juga:Waktunya Bermain Air! 9 Wahana Waterpark Owabong di Purbalingga Ini Seru Banget Buat Dicoba bareng KeluargaCobain 6 Wahana Seru Menjelajahi Baturraden Adventure Forest, Petualangan Baru Dimulai!

Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal, ya ‘azizu man dzallat li ’izzatika jami’u kholqika, ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta irhamna birohmatika ya arhamarrahimiin.

Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi, ikfinii syarro hadzal yauma wa ma yanzilu fihi, ya kafiyal muhimmaat, ya daafi-‘al baliyyat, fasayakfikahumullohu wa huwas sami’ul ‘alim.

Wa hasbunallohu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim. Wa shallallohu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, wahai Dzat Yang Memberi kebaikan, Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Wahai Dzat yang tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Dzat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara, Dialah Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Cukuplah Allah bagi kami, Dialah sebaik-baiknya wakil. Tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

0 Komentar