4 Oleh-Oleh Khas Kota Solo Yang Menarik, Wajib Buat Kamu Borong Biar Nggak Gagal Moveon Sama Kota Seribu Budaya

Oleh-Oleh Khas Kota Solo
Serabi Notosuman (Foto: Google Maps)
0 Komentar

Aksesoris budaya ini bisa kamu dapatkan di Pasar Klewer yang berada di dekat Keraton Surakarta dengan harga kisaran antara Rp 15 ribu hingga Rp 80 ribu.

2. Batik Solo

Selain Pekalongan yang terkenal dengan batiknya, ternyata Solo juga terkenal dengan batiknya sebagai warisan budaya. Batik khas Surakarta ini sangat cocok untuk buah tangan cenderamata buat orang-orang di rumah saat kamu pulang dari kota ini.

Terdapat beberapa jenis batik yang bisa kamu pilih mulai dari batik dengan motif yang biasa hinigga batik dengan motif khas keraton yang elegan.

Baca Juga:4 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Populer, Buah Tangan yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Kamu Mengunjungi Kabupaten IniPernah Nyoba Dodol Susu? Ini 4 Oleh-Oleh Khas Boyolali yang Melegenda, Wajib Kamu Bawa Pulang Setelah Berwisata di Kota Susu Ini

Batik yang dijual di kota ini tak hanya berbentuk kain per meter saja, tapi juga ada yang berupa baju, jaket hingga kerajinan tangan.

Pilihan tersebut bisa kamu temukan di toko-toko batik yang ada di Pasar Klewer.

Namun apabila kamu tertarik pada proses pembuatan batik secara langsung, kamu bisa datang langsung ke Kampung Kauman atau Kampung Laweyan.

Di kampung batik tersebut, selain kamu bisa menonton pembuatan batik secara langsung, kamu juga bisa membeli batik dengan harga yang lebih murah.

Pengrajin batik tersebut biasanya menjual dengan harga mulai dari Rp 50 ribu per meternya tergantuk dari jenis batik serta motifnya.

3. Serabi Notosuman

Oleh-Oleh Khas Kota Solo Selanjutnya yaitu Serabi Notosuman. Beranjak dari buah tangan berbentuk aksesoris, kali ini kita mulai membahas buah tangan makanan. Salah satu makanan yang dapat dijadikan buah tangan dari kota budaya ini adalah serabi Solo.

Serabi ini berbeda dengan surabi yang ada di Bandung. Serabi khas Solo ini memiliki pinggiran yang lebih renyah dan panjang dengan rasa yang gurih manis legit.

Baca Juga:Penting! Wajib Kamu Ketahui, 3 Tips Aman Berwisata di Air TerjunGila Sih Ini Indahnya Kebangetan! Air Terjun di Tawangmangu Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi di Tahun 2023

Bahan yang digunakan adalah tepung beras, daun pandan, santan, dan gula yang dimasak hingga matang dalam tungku kecil.

Salah satu serabi Solo yang paling terkenal dan melegenda yaitu Serabi Notosuman milik Ny. Lidia dan Ny. Handayani.

Serabi yang dijual oleh brand tersebut memiliki banyak pilihan rasa sereabi, mulai dari rasa gurih, pandan strawberry, cokelat, keju hingga durian semua tersedia.

0 Komentar