2024 Wajib Terapkan Kurikulum Merdeka secara Serentak di Sekolah

Terapkan Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Terapkan Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menginisiasi Kurikulum Merdeka secara serentak pada Tahun Ajaran 2024.

Sejak peluncuran Kurikulum Merdeka pada 2022 yang lalu hingga sekarang, sudah ada 140 ribu lebih sekolah terapkan Kurikulum Merdeka.

Sekolah terapkan Kurikulum Merdeka sebagai upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yag terjadi selama pandemi. Megingat sebelum terjadinya pandemi, kemendikbudristek memberikan kebijakan sekolahan untuk meggunakan kurikulum 2013.

Baca Juga:Hari Pertama Porprov 2023: Kota Pekalongan Kumpulkan 2 Emas 2 Perak 7 PerungguPas Buat Gaya-gayaan, New Skutik Matic Genio 2023 Lebih Murah daripada Forza

Pada masa pandemi 2020 – 2021 kemendikbud mengeluarkan kebijakan Kurikulum Darurat (penyederhanaan dari kurikulum 2013). Sebagai bentuk pemulihan pembelajaran dari kondisi pandemi, tahun 2022 Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan untuk terapkan Kurikulum Merdeka.

Sekolah yang belum siap untuk terapkan Kurikulum Merdeka masih bisa menggunakan Kurikulum 2013. Kerikulum Merdeka dihadirkan sebagai bentuk solusi untuk mempermudah proses belajar.

Penerapan Kurikulum Mereka ini untuk mendukung pemulihan pembelajaran yang dapat dinilai lebih fleksibel, fokus pada materi esensial,  dan dapat mengembangkan soft skill dan karakter siswa.

Kurikum Merdeka yang sudah diterapkan di sekolahan, tentunya harus ada evaluasi secara masif, sebagai bentuk tahapan pematangan konsep Kurikulum Merdeka sebelum di terapkan secara serentak oleh sekolahan pada ajaran 2024.

Terapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah

Menindaklanjuti Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka mulai tahun ajaran 2022/2023, sekolah dapat menerapkannya berdasarkan kesiapan masing-masing.

Melansir kurikulum.kemdikbud.go.id, Terdapat 3 implementasi Kurikulum Merdeka untuk lembaga pendidikan dapat dipilih secara Mandiri, diantaranya:

Baca Juga:6 Pilihan Blazer Batik Terbaru untuk Wanita, Memadukan Budaya dan Gaya Fashion ModernResponsif dan Hemat BBM, Motor Honda Matic Genio Terbaik 2023 Berikut Keunggulannya!

1. Mandiri Belajar

Lembaga Pendidikan dapat menggunakan struktur kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikan dan menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

2. Mandiri Berubah

Lembaga Pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen

3. Mandiri Berbagi

Lembaga pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan Kurikulum satuan pendidikan dan menerapkan prnsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan lain.

0 Komentar