Pemkot Pekalongan Salurkan 20 Mesin Kapal untuk Nelayan, Dorong Produktivitas dan Kesejahteraan

Pemkot Pekalongan Salurkan 20 Mesin Kapal untuk Nelayan, Dorong Produktivitas dan Kesejahteraan
ISTIMEWA BANTUAN - Plt Walikota Pekalongan, H Salahudin didampingi Kepala DKP Kota Pekalongan Sugiyo secara simbolis menyerahkan bantuan mesin kapal kepada nelayan di Kota Pekalongan.
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan menyerahkan 20 mesin kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada dua kelompok nelayan, yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkah Mulyo dan KUB Rebon Mulyo.

Penyerahan simbolis ini dilakukan oleh Plt Wali Kota Pekalongan, H Salahudin, di Aula Technopark Perikanan, Rabu (23/10/2024).

Dalam sambutannya, Salahudin menyampaikan apresiasi kepada KKP yang mendukung upaya peningkatan produksi nelayan melalui bantuan mesin kapal baru.

Baca Juga:SMK Harapan Mulya Brangsong Kendal Gelar Job Fair, Sediakan 3.000 Lowongan Kerja dari 21 PerusahaanPemkot Pekalongan Tekankan Standar Higienitas Pangan Bagi Pelaku Usaha IRTP untuk Jamin Keamanan Konsumen

“Bantuan ini memperlihatkan komitmen pemerintah untuk mendukung kesejahteraan nelayan dan mengoptimalkan sumber daya perikanan Pekalongan,” ujarnya.

Salahudin berharap bantuan ini dapat membantu nelayan meningkatkan pendapatan serta mendukung kampanye penurunan angka stunting di daerahnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan, Sugiyo, menambahkan bahwa mesin-mesin kapal yang berkapasitas 26 PK ini ditujukan untuk kapal kecil dengan ukuran di bawah 5 GT, sesuai dengan kebutuhan nelayan di kawasan tersebut.

Bantuan ini juga mendukung program Kampung Nelayan Modern (Kalamo) yang tengah dikembangkan di Pekalongan.

Sugiyo menegaskan bahwa bantuan ini disalurkan langsung kepada kelompok, bukan perorangan, agar pemanfaatannya lebih terarah dan efektif untuk meningkatkan produktivitas kelompok.

“Kami harapkan dalam satu minggu ke depan, semua mesin sudah dapat beroperasi penuh, memaksimalkan penangkapan ikan di area yang lebih luas,” jelasnya.

Bantuan mesin yang lebih kuat ini diharapkan memberikan dorongan signifikan bagi nelayan untuk memperluas area tangkap ikan, yang diharapkan mampu meningkatkan penghasilan mereka secara berkelanjutan.

0 Komentar