Bawaslu Catat Tiga Kerawanan Pemilu di Kota Pekalongan, Ini Daftarnya

Bawaslu
PEMILU DAMAI - Perwakilan Forkompimda, penyelenggara Pemilu dan Parpol peserta Pemilu menandatangani deklarasi damai Pemilu 2024 di Kota Pekalongan dalam kegiatan Apel Siapa Pengawasan Baaslu Kota Pekalongan.
0 Komentar

KOTA Bawaslu Kota Pekalongan menggelar apel siaga pengawasan yang diikuti seluruh jajaran pengawas mulai dari tingkat kota hingga kelurahan, Senin (27/11/2023). Apel siaga dilaksanakan di Lapangan Mataram dan dihadiri perwakilan Forkompimda, parpol peserta pemilu, dan KPU.

Selain apel siaga pengawasan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan deklarasi Pemilu damai oleh seluruh peserta Pemilu, perwakilan Forkompimda dan penyelenggara.

Ketua Bawaslu Kota Pekalongan, Miftahuddin mengungkapkan, apel siaga pengawasan dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapsiagaan pengawas dari jajaran kecamatan sampai kelurahan dalam melaksanakan tugas pengawasan. “Kegiatan ini sekaligus untuk menyampaikan pesan bahwa Bawaslu bersama Panwas siap untuk melaksanakan pencegahan dan penindakan jika terjadi pelanggaran. Namun kami akan utamakan pencegahan,” katanya.

Baca Juga:Bangunan Liar di Atas Saluran Irigasi Depan SKB akan DitertibkanAtap Baja Ringan Dihajar Angin

Dalam rangka sosialisasi ke masyarakat, Bawaslu juga menggelar hiburan dengan menghadirkan artis Pantura. Tujuannya sebagai magnet sosial agar menarik minat masyarakat. Dalam sesi hiburan, juga akan disisipkan sosialisasi tahapan kampanye dan pesan-pesan untuk menghindari ujaran kebencian, money politik dan politisasi SARA.

Diungkapkan Miftah, berdasarkan evaluasi pada Pemilu 2019 Bawaslu mencatat ada sejumlah potensi pelanggaran dan kerawanan di Kota Pekalongan. Yaitu politik yuang, ujaran kebencian di media sosial dan juga politisasi SARA. Pihaknya berpesan kepada masyarakat yang menemukan adanya pelanggaran agar bisa melaporkan langsung ke Bawaslu Kota Pekalongan.

“Bisa langsung datang ke Kantor Bawslu, Kantor Sekretariat Panwascam atau langsung menghubungi kontak-kontak pengawas. Apapaun laporan yang masuk. akan kami tindaklanjuti sesuai perundang-undangan. Atau masyarakat juga bisa memberikan informasi awal dugaan pelanggaran dan selanjutnya kami akan telusuri,” jelasnya.

Sementara Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Pariastutik dalam sambutannya berpesan agar seluruh peserta Pemilu dan masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusifitas Kota Pekalongan.

“Besok sudah dimulai tahapan kampanye, mari sama-sama kita ingatkan, kita imbau lingkungan sekitar agar bersama-sama menjaga kondusifitas dan ketertiban dalam rangka mewujudkan kamtibmas di Kota Pekalongan. Mari kita sukseskan Pemilu dan wujudkan Pemilu yang terbaik, jujur dan adil,” kata Wakapolres.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan bahwa dari TNI-Polri berkomtimen untuk tetap menjaga netralitas sampai seluruh tahapan Pemilu selesai.(nul)

0 Komentar