Merasa Tidak Pandai dalam Segala Hal, 5 Cara Agar Kamu Bisa Menepisnya

Tidak pandai dalam segala hal
Tidak pandai dalam segala hal. (Sumber: freepik.com)

“Aku tidak pandai dalam segala hal” adalah pernyataan yang kuat, dan jika kamu sering mengatakannya, kamu akan mulai mempercayainya. Tetapi pernyataan seperti ini hanyalah pemikiran yang kamu katakan pada diri sendiri, itu berasal dari harga diri yang rendah, dan bukan kenyataanmi.

Setiap orang di bumi memiliki sesuatu yang mereka kuasai—bangun di pagi hari dan memulai harimu sudah merupakan pencapaian tersendiri. Mungkin perlu beberapa saat untuk mengidentifikasi bakat dan kekuatanmu, tetapi itu ada. Kamu berutang pada diri sendiri untuk melakukan sedikit penggalian dan mengubah pola pikirmu untuk berpikir lebih positif tentang harga dirimu dan berhenti merasa tidak pandai dalam segala hal.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat kamu ambil untuk berhenti merasa tidak pandai dalam segala hal.

Cara Mengatasi Perasaan Tidak Pandai dalam Segala Hal

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memutus siklus pemikiran negatif dan anggapan bahwa kamu tidak pandai dalam segala hal. Berikut adalah beberapa ide.

Ambil Jeda Media Sosial

Kebanyakan orang mengandalkan media sosial sebagai cara untuk terhubung dengan orang lain dan bahkan sebagai cara untuk mendapatkan berita dan mengikuti tren terkini. Namun ada sisi gelap dari media sosial, dan begitulah media sosial dapat berdampak negatif pada harga diri dan perasaan tidak pandai dalam segala hal ini.

Orang-orang di media sosial sering membagikan foto-foto kehidupan mereka yang “dikurasi”, menggunakan filter dalam foto, dan memilih bagian mana dari kehidupan mereka untuk dibagikan. Itu sebabnya sepertinya semua orang penuh dengan kesuksesan dan bakat.

Beristirahat dari media sosial dapat memberimu kesempatan untuk berhenti terlibat dalam permainan perbandingan yang tampaknya didorong oleh media sosial, dan fokus pada peningkatan citra diri, kesehatan mental, dan kesejahteraanmu sendiri.

Belajar Menerima Pujian

Orang-orang yang berpikir bahwa mereka tidak pandai dalam segala hal seringkali tidak akan mempercayai orang lain ketika mereka menunjukkan hal-hal yang sebenarnya mereka kuasai. Sederhananya, orang dengan harga diri rendah dan merasa tidak pandai dalam segala hal tidak pandai menerima pujian.