Sempat Terlambat, Proyek Jalan Bandar-Tulis Senilai Rp 12 Miliar Akhirnya Selesai

Sempat Terlambat, Proyek Jalan Bandar-Tulis Senilai Rp 12 Miliar Akhirnya Selesai
DOK ISTIMEWA SELESAI - Proses pengerjaan peningkatan ruas Jalan Bandar – Tulis.
0 Komentar

Telat 9 Hari, Rekanan Dikenai Denda

RADARPEKALONGAN.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang menyatakan proyek pekerjaan peningkatan ruas Jalan Bandar – Tulis telah selesai 100 persen. Progres proyek senilai Rp 12 miliar ini sebelumnya sempat mengalami terlambat dari jadwal.

“Masuk minggu ke 23 (28 November – 4 Desember 2022), realisasi pekerjaan mencapai 96,076 persen, dari rencana 100 persen. Terjadi deviasi -3,924 persen. Namun Insya Allah hari ini pukul 00.00 WIB pekerjaan sudah 100 persen,” ungkap Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan, DPUPR Kabupaten Batang, Endro Suryono, Selasa (6/12/2022).

Endro pun mengakui terjadi keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan jalan itu, sehingga rekanan yakni PT Sahabat Berkarya Bersama dari Kota Semarang harus dikenai denda.

Baca Juga:Belajar Kimia jadi Asyik Melalui Kegiatan BerpraktikMenikmati Eksotisme Semeru dalam Lagu Mahameru Dewa 19

“Ya, pekerjaan mengalami keterlambatan dari kesepakatan kontrak, yakni selama 9 hari. Karena faktor cuaca dan akses jalan pekerjaan. Oleh karenanya, rekanan kami kenai denda keterlambatan,” ujar Endro.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa nilai pekerjaan peningkatan ruas Jalan Bandar – Tulis itu senilai Rp12 miliar dari Bankeu Pemprov Jateng.

“Peningkatan ruas jalan itu menggunakan rigid beton. Pengerjaan itu kami bagi menjadi tiga spot. Adapun spot 1, mulai dari Pantura sampai Gapura Desa Semboja Segayung dengan panjang 375 meter dan lebar 1 meter kanan kiri,” katanya.

Kemudian, spot 2, dari Semboja sampai Kawasan Industri Batang Industrial Park (BIP) dengan panjang 3.561 meter dan lebar 6 meter. “Lalu spot 3, dari Pasar Bandar ke utara sampai Alfamart dengan panjang 1.175 dan lebar 6 meter,” terangnya.

Menurut Endro, setelah selesai pengerjaan, akses jalan menuju Kawasan Industri Batang Industrial Park (BIP), Jalan Raya Bandar – Tulis akan semakin mulus. Ia memastikan, warga setempat akan makin nyaman melintas ke kawasan BIP.

“Jalan penghubung ke beberapa akses vital akan mulus, seperti akases menuju Pasar Bandar, Puskesmas Bandar, sejumlah institusi pendidikan hingga memudahkan pekerja menuju kawasan BIP,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Endro, ketika akses jalan selesai diperbaiki, maka akan menyingkat waktu masyarakat saat melintas di Jalan Raya Bandar – Tulis.

Baca Juga:10 Negara dengan Gunung Berapi Aktif Terbanyak, Indonesia Peringkat 1 LohSudah Dipuas-puasin Weekend, Eh Ketemu Senin Lagi

“Jika sebelumnya 20-25 menit, nanti bisa menyingkat waktu hingga 10 menit. Tapi yang perlu diingat, pengendara khususnya sepeda motor tetap melaju dengan kecepatan standar, agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

0 Komentar