Stres Finansial: 6 Tips Bertahan dengan Kesulitan Keuangan

Mengatasi stres finansial
Mengatasi stres finansial. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Jika kamu khawatir tentang uang, kamu tidak sendirian. Stres finansial merupakan hal yang umum bagi orang dewasa.

Faktanya, menurut American Psychological Association (APA), 72% orang dewasa melaporkan merasa stres finansial, entah itu khawatir tentang membayar sewa atau merasa terbebani oleh hutang. Ini cukup signifikan mengingat tekanan finansial terkait dengan begitu banyak masalah kesehatan.

Memahami Stres Finansial

Sumber: freepik.com

Stres finansial adalah ketegangan emosional yang secara khusus terkait dengan uang. Siapa pun dapat mengalami tekanan finansial, tetapi tekanan finansial lebih sering terjadi pada rumah tangga dengan pendapatan rendah. Stres dapat terjadi akibat tidak menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhanmu seperti membayar sewa, membayar tagihan, dan membeli bahan makanan.

Baca Juga:Prosocial Behavior: Manfaat Mengulurkan Bantuan Kepada Orang LainResiprokal: Hubungan Seimbang dengan Dasar Timbal Balik yang Sehat

Orang dengan pendapatan lebih sedikit mungkin mengalami stres tambahan karena pekerjaan mereka. Pekerjaan mereka mungkin kurang fleksibel dalam hal mengambil cuti. Mereka mungkin bekerja di lingkungan yang tidak aman, tetapi mereka takut untuk pergi karena mereka tidak dapat menghidupi diri sendiri secara finansial sementara mereka mencari pekerjaan lain.

Orang dengan pendapatan rendah mungkin juga tidak memiliki akses ke sumber daya untuk mengelola tekanan keuangan mereka, seperti asuransi kesehatan untuk menerima perawatan kesehatan mental.

Kebanyakan orang mengalami stres finansial dari waktu ke waktu. Tetapi tekanan finansial bisa menjadi masalah jika mengganggu kehidupan sehari-hari. Misalnya, kamu mungkin menemukan bahwa kamu tidak dapat fokus atau menikmati bagian lain dari hidupmu karena stres terkait uang menyebabkan kamu sangat khawatir.

Jika stres finansial berangsur parah, kamu akan mengalami efek negatif pada kesehatan mentalmu dan bahkan kesehatan fisik. Stres finansial dapat menyebabkan kecemasan, depresi, perubahan perilaku seperti menarik diri dari aktivitas sosial, atau gejala fisik seperti sakit perut atau sakit kepala.

Jika kamu mengalami efek samping apa pun yang terkait dengan tekanan keuanganmu, pastikan untuk berbicara dengan profesional perawatan kesehatan.

Dampak pada Kesehatan

Meskipun stres apa pun dapat merusak kesehatanmu, stres finansial yang terkait dengan masalah keuangan bisa sangat beracun. Stres keuangan dapat menyebabkan:

0 Komentar