Apakah Seseorang Sedang Melakukan Gaslighting Kepadamu? Identifikasi dengan 5 Tanda Ini

Tanda orang melakukan gaslighting kepadamu
Tanda orang melakukan gaslighting kepadamu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi yang sering terjadi dalam hubungan yang melecehkan. Ini adalah jenis pelecehan emosional terselubung di mana penindas atau pelaku menyesatkan target, menciptakan narasi palsu dan membuat mereka mempertanyakan penilaian dan realitas mereka. Pada akhirnya, korban gaslighting mulai merasa tidak yakin tentang persepsi mereka tentang dunia dan bahkan bertanya-tanya apakah mereka kehilangan kewarasan mereka.

Gaslighting biasanya dilakukan dalam jangka waktu lama yang menyebabkan korban mempertanyakan validitas pemikiran, persepsi realitas, atau ingatan mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan, hilangnya rasa percaya diri dan harga diri, serta ketidakpastian stabilitas mental seseorang. Akibat umum dari hal ini adalah ketergantungan pada pelakunya.

Gaslighting terutama terjadi dalam hubungan romantis, tetapi tidak jarang juga dalam mengendalikan persahabatan atau di antara anggota keluarga. Orang yang menyulut orang lain mungkin memiliki gangguan kesehatan mental. Mereka menggunakan jenis pelecehan emosional ini untuk mengerahkan kekuasaan atas orang lain untuk memanipulasi teman, anggota keluarga, atau bahkan rekan kerja.

Sumber: freepik.com

Baca Juga:Princess Syndrome, Anggap Hidup Layaknya Dongeng Karena Gaya Asuhan Saat Anak-Anak7 Alasan Bullying, Mengapa Orang Melakukan Perundungan

Bagaimana Kamu Tahu Jika Seseorang Melakukan Gaslighting Kepadamu?

Gaslighting adalah teknik yang merusak persepsi seseorang tentang realitas. Saat seseorang melakukannya kepadamu, kamu mungkin menebak-nebak diri sendiri, ingatan, kejadian terkini, dan persepsimu. Setelah berkomunikasi dengan orang yang menyalakanmu, kamu mungkin merasa bingung dan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan dirimu. Kamu mungkin terdorong untuk berpikir bahwa kamu sebenarnya yang harus disalahkan atas sesuatu atau bahwa kamu terlalu sensitif.

Gaslighting dapat membingungkan dan membuatmu mempertanyakan penilaian, ingatan, harga diri, dan kesehatan mentalmu secara keseluruhan. Mungkin membantu untuk mengetahui lebih banyak tentang taktik seseorang yang sedang melakukannya yang mungkin kamu gunakan.

Berbohong Kepadamu

Orang-orang yang terlibat dalam gaslighting seringkali adalah pembohong kebiasaan dan patologis serta sering menunjukkan kecenderungan narsistik. Biasanya mereka berbohong terang-terangan dan tidak pernah mundur atau mengubah cerita mereka, bahkan ketika Anda memanggil mereka atau memberikan bukti penipuan mereka. Mereka mungkin mengatakan sesuatu seperti: “Kamu mengada-ada,” “Itu tidak pernah terjadi,” atau “Kamu gila.”3

0 Komentar