Deretan Motif Batik Nasional Paling Populer, Nomor 7 Favorit Pak Ganjar!

motif batik nasional paling populer
Motif Batik Nasional paling populer, Favorit Pak Ganjar sampe diborong. (instaram/@jual_atmb_lurikrachmad)
0 Komentar

Batik mega mendung terdiri dari kata Mega yang berarti langit atau awan, serta Mendung atau langit yang meredup biasanya ada di saat akan turun hujan.

Motif batik ini mempunyai ciri khas berbentuk awan besar yang berwarna cerah. Adapun beberapa warna yang umumnya dipakai pada batik Megamendung yaitu biru, ungu, merah tua dan hijau tua.

2. Motif Batik Kawung

Motif batik Kawung khas Yogyakarta. (instagram/@rekna_indri)

Baca Juga:Asli Bikin Melongo! Inilah Spesifikasi Vespa GTS Classic 150, Baru Saja Dirilis di IndonesiaBukan Sekadar Garis Lurus Doang! Berikut Fakta Unik di Balik Batik Lurik

Motif Batik Kawung adalah motif yang bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung, atau semacam buah aren atau kadang disebut kolang-kaling yang ditata rapi secara geometris.

Batik Kawung yang berasal dari Yogyakarta, dan motif termasuk kedalam salah satu motif Batik Nasional paling populer, lho.

Motif kawung memiliki makna kesempurnaan, kemurnian dan kesucian. Motif batik ini dipercaya diciptakan oleh salah satu Sultan kerajaan Mataram dan pertama kali dikenal pada abad ke 13 tepatnya di pulau Jawa.

Adapun motif batik ini terdiri atas empat oval yang mana dibagian tengahnya mempunyai bentuk menyerupai salibu. Motif yang cukup indah bukan?

3. Batik Betawi

Motif batik khas Betawi. (instagram/@batikbetawitambora)

Motif Batik Nasional paling populer selanjutnya adalah Batik Betawi, merupakan motif batik yang sering digunakan dalam ajang pemilihan Abang None Jakarta.

Motif batik betawi ini identik dengan warna-warna cerah yang dipadukan motif yang unik ala Betawi seperti nusa kelapa, ondel-ondel, pucuk rebung, dan gambang kromong.

4. Batik Pekalongan

Motif batik khas Pekalongan. (instagram/@corakanbatik)

Batik Pekalongan adalah batik yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Kota Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik karena memiliki sejarah dan relasi yang dekat dengan budaya batik.

Baca Juga:Awas ! Doi Auto Klepek-Klepek dengan 10 Model Dress Batik Kombinasi Polos, Berikut Detail PenampakannyaLebih Mahal Mana? Ini Perbedaan Vespa Primavera 150, Primavera S 150 dan New Primavera S 150, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Selain terkenal dengan sejarahnya, Kota Pekalongan juga berkontribusi terhadap perkembangan batik, dengan adanya sentra-sentra kerajinan batik sebagai mata pencaharian warga sekitar.

0 Komentar