Merasa Kesepian: 7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Bertahan

Lakukan ini jika kamu merasa kesepian
Lakukan ini jika kamu merasa kesepian. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Merasa sendirian adalah pengalaman manusia yang normal. Kamu bisa merasa kesepian saat sendirian atau bahkan saat berada di ruangan yang penuh dengan orang. Saat kamu tidak merasa terhubung dengan siapa pun atau merasa tidak ada yang memahamimu, kamumungkin merasa seolah-olah benar-benar sendirian meskipun berada di sekitar teman atau keluarga.

Kamu mungkin juga bertanya-tanya, “Mengapa aku sendirian?” Penyebab merasa kesepian termasuk perubahan hidup yang menyebabkan isolasi sosial, seperti pindah ke tempat baru, berduka atas kematian, atau berakhirnya suatu hubungan. Dalam beberapa kasus, kesepian dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental seperti depresi. Orang dengan harga diri rendah juga cenderung merasa kesepian jika mereka berjuang untuk menjalin hubungan sosial.

Meskipun setiap orang terkadang merasa kesepian, terlalu banyak menyendiri dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan emosionalmu. Studi telah menemukan bahwa kesepian dapat membahayakan kesehatanmu seperti halnya merokok 15 batang per hari.2 Kesepian juga terkait dengan penurunan kognitif dan risiko berkembangnya gangguan kejiwaan besar.

Baca Juga:Kesehatan Mentalmu Membaik! Ini 5 TandanyaMengatasi Situasi Saat Mantanmu Memiliki Kekasih Baru

Hal untuk Dilakukan Ketika Merasa Kesepian

Apakah kamu kadang-kadang merasa sedikit kesepian saat berada di rumah sendiri atau kamu mengalami rasa kesepian yang mendalam yang tidak pernah hilang, penting untuk mengatasi kesepian dengan cara yang sehat. Berikut adalah hal yang dapat kamu lakukan segera ketika kamu merasa kesepian.

Akui Bahwa Kamu Merasa Kesepian

Jangan buang energimu melawan perasaanmu atau mencoba menekan emosimu. Setiap orang terkadang merasa kesepian.

Dan merasa sendirian bukan berarti kamu pecundang dan bukan berarti kamu lemah. Itu hanya berarti kamu manusia.

Penelitian telah menemukan bahwa memberi label pada perasaanmu dapat mengurangi intensitasnya. Jadi, hanya memberi nama pada kesepian dapat membantu otakmu memahami perasaanmu dan langsung membantumu merasa sedikit kurang kesepian.

Kembangkan Rencana

Terkadang kamu perlu memecahkan masalah. Di lain waktu, kamu perlu menyelesaikan perasaanmu tentang masalah tersebut.

Pertimbangkan apakah cara terbaik untuk mengatasi perasaan sendirian harus melibatkan pemecahan masalah (dengan berhubungan dengan seseorang) atau memecahkan perasaanmu tentang masalah (menjaga emosimu).

0 Komentar