Merasa Kesepian: 7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Bertahan

Lakukan ini jika kamu merasa kesepian
Lakukan ini jika kamu merasa kesepian. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika kamu merasa kesepian pada Jumat malam dan kamu memiliki teman atau anggota keluarga yang dapat kamu hubungi, kamu mungkin memutuskan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghubungi seseorang. Kamu mungkin menemukan bahwa berbicara di telepon membantu. Atau, kamu dapat mengundang seseorang untuk menghabiskan waktu bersamamu.

Jika kamu menjangkau orang-orang dan tidak ada yang merespons, kamu mungkin merasa lebih kesepian. Namun, kamu akan tahu cara mengatasi masalah dari sudut yang berbeda: Atasi perasaanmu tentang kesepian, daripada mencoba terhubung dengan seseorang.

Kamu mungkin memilih untuk terlibat dalam strategi penanggulangan yang sehat yang memungkinkanmu merasa lebih baik. Menggambar, merajut, atau berkebun hanyalah beberapa contoh aktivitas menyendiri yang dapat membantumu mengatasi situasi merasa kesepian dengan cara yang sehat.

Baca Juga:Kesehatan Mentalmu Membaik! Ini 5 TandanyaMengatasi Situasi Saat Mantanmu Memiliki Kekasih Baru

Terhubung Dengan Orang Dari Masa Lalumu

Saat kamu merasa sendirian, terkadang lebih mudah terhubung dengan teman lama daripada membuat teman baru. Mungkin kamu kehilangan kontak dengan teman sekamar kuliahmu selama bertahun-tahun. Atau mungkin kamu memiliki sepupu yang jarang kamu ajak bicara.

Kamu dapat menjangkau dan melihat bagaimana kinerja mereka. Bicara tentang bagaimana kamu melewatkan kesempatan untuk mengejar ketinggalan dan katakan bahwa kamu ingin terhubung kembali.

Kamu mungkin merasa mudah untuk terhubung dengan mantan teman sekelas, orang-orang dari lingkungan lama kamu, atau rekan kerja sebelumnya karena kamu sudah memiliki kesamaan. Mengenang masa lalu dapat membantumu terhubung kembali dan kamu mungkin menemukan bahwa kamu dapat menjalin hubungan di masa mendatang.

Tidak apa-apa untuk berbicara kepada orang-orang melalui media sosial atau pesan teks untuk memulai ketika merasa kesepian. Tetapi cobalah untuk menindaklanjuti dengan menghubungkan melalui telepon, melalui obrolan video, atau secara langsung. Menghubungkan tatap muka mungkin membantu meringankan kesepianmu lebih dari berkirim pesan.

Bergabunglah dengan Grup atau Klub

Selain terhubung dengan orang-orang dari masa lalumu, kamu mungkin juga memutuskan untuk terhubung dengan orang-orang baru. Cari kegiatan komunitas yang mungkin cocok untukmu. Mulai dari klub buku dan proyek layanan masyarakat hingga kelompok lintas alam dan komunitas bisnis, kamu mungkin akan menemukan banyak cara untuk berhubungan dengan orang-orang di daerahmu.

0 Komentar