7 Strategi Mengatasi Ketakutan Akan Kegagalan, Kamu Harus Melakukannya!

Mengatasi ketakutan akan kegagalan
Mengatasi ketakutan akan kegagalan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Pertimbangkan Hasilnya

Terkadang memikirkan skenario terburuk—dan kemudian membuat rencana bagaimana kamu akan menghadapinya—dapat membantu mengurangi kecemasan saat kamu mengejar tujuan.

Fokus pada Hal-Hal yang Dapat Kamu Kontrol, Bukan Sebaliknya

Alih-alih mengkhawatirkan aspek situasi yang tidak dapat kamu kendalikan, fokuskan energi yang kamu punya pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan.

Rencanakan ke Depan

Saat kamu menghadapi tantangan yang mungkin memicu rasa takut dalam dirimu akan kegagalan, kembangkan rencana alternatif jika usaha awal yang kamu rancang tidak berjalan sesuai rencana. Memiliki rencana B (atau rencana C) dapat membantu dirimu merasa tidak terlalu cemas dan lebih aman. Ini akan sangat membantumu dalam mengatasi ketakutan akan kegagalan.

Mendefinisikan Ulang Kegagalan

Baca Juga:Waspada! Ini 5 Penyebab Ketakutan Akan KegagalanRasa Takut Akan Kesuksesan, Bagaimana Ia Hadir dan Bagaimana Mengatasinya

Mengubah caramu berpikir tentang kegagalan juga dapat membantu megatasi ketakutan akan kegagalan yang ada dalam dirimu. Kegagalan adalah bagian dari kehidupan dan bisa menjadi kesempatan penting untuk belajar dan memperoleh keterampilan baru.

Ini bisa mengecewakan, tetapi penting untuk mempertahankan perspektif yang sehat tentang manfaat potensial dari kegagalan dari waktu ke waktu. Ingatlah bahwa kesuksesan sering dicapai melalui serangkaian kegagalan progresif yang mengarah pada informasi, keterampilan, dan strategi baru.

Gunakan Berpikir Positif

Hindari self-talk negatif yang dapat merusak kepercayaan diri yang kamu punya dan menciptakan perasaan cemas. Sebaliknya, cobalah untuk berpikir lebih optimis agar motivasimu tetap tinggi.

Sementara visualisasi sering disebut-sebut sebagai alat untuk sukses, penelitian sebenarnya menunjukkan bahwa strategi motivasi ini bisa menjadi bumerang bagi orang yang memiliki rasa takut gagal yang tinggi. Satu studi menemukan bahwa orang dengan rasa takut yang kuat akan kegagalan mengalami suasana hati negatif yang kuat setelah mereka melakukan aktivitas yang melibatkan visualisasi kesuksesan.

Ketakutan akan kegagalan adalah sesuatu yang dialami setiap orang dari waktu ke waktu, tetapi bisa menjadi jauh lebih bermasalah jika perasaan seperti itu terus ada. Latih belas kasih diri dan berusahalah untuk mengambil langkah-langkah kecil untuk membangun kepercayaan diri dan mengatasi ketakutan akan kegagalan dalam dirimu.

0 Komentar