7 Karakteristik Self-Esteem yang Rendah, Hati-Hati Terhadap Level Harga Dirimu

Self-esteem yang rendah
Self-esteem yang rendah. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ketika ada yang salah, orang dengan self-esteem yang rendah sering menyalahkan diri sendiri. Mereka menemukan kesalahan pada beberapa aspek dari diri mereka sendiri, apakah itu penampilan, kepribadian, atau kemampuan mereka.

Takut Gagal

Karena mereka kurang percaya diri dengan kemampuan mereka, orang dengan harga diri rendah meragukan kemampuan mereka untuk mencapai kesuksesan. Karena takut gagal, mereka cenderung menghindar dari tantangan atau cepat menyerah tanpa benar-benar berusaha.

Ketakutan akan kegagalan ini dapat dilihat dalam perilaku seperti bertindak ketika terjadi kesalahan atau mencari cara untuk menyembunyikan perasaan tidak mampu. Orang dengan harga diri rendah juga dapat membuat alasan, menyalahkan faktor eksternal, atau mencoba meremehkan pentingnya tugas tersebut.

Tampilan Buruk

Baca Juga:4 Tanda Harga Diri yang Rendah, Pastikan Kamu Tidak Memilikinya!7 Strategi Mengatasi Ketakutan Akan Kegagalan, Kamu Harus Melakukannya!

Self-esteem yang rendah dapat menyebabkan orang merasa kecil kemungkinannya bahwa masa depan akan lebih baik daripada saat ini. Perasaan putus asa ini dapat mempersulit orang dengan harga diri rendah untuk terlibat dalam perilaku yang akan membawa perubahan positif dalam hidup mereka.

Sabotase diri adalah cara umum untuk mengatasi perasaan seperti itu. Dengan menemukan hambatan untuk mencegah kesuksesan, orang dengan harga diri rendah dapat menemukan hal lain untuk disalahkan karena tidak mencapai tujuan mereka atau menemukan tingkat kebahagiaan yang lebih besar dalam hidup mereka.

Kurangnya Batas

Kemampuan untuk menetapkan batasan seringkali terbentuk sejak awal kehidupan. Anak-anak dengan pengasuh yang menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dihormati dan dihargai lebih mampu menetapkan batasan yang baik dalam hubungan orang dewasa. Mereka juga cenderung memiliki pandangan yang lebih positif tentang diri mereka sendiri secara umum.

Orang dengan self-esteem yang rendah dapat mengalami kesulitan menetapkan batasan dengan orang lain. Mereka mungkin merasa bersalah atau takut orang akan berhenti menyukai mereka jika mereka mencoba menetapkan atau mempertahankan batasan.

Kurangnya batasan yang sehat dapat menimbulkan masalah ketika orang lain tidak menghargai ruang dan waktu seseorang. Kurangnya rasa hormat tidak hanya menambah tingkat stres seseorang tetapi juga bisa membuat mereka merasa kurang dihargai.

Mencoba Menyenangkan Orang Lain

0 Komentar