7 Pilihan Jenis Mood Tracker: Pilih Pelacak Suasana Hati yang Paling Cocok Untukmu

Jenis mood tracker
Jenis mood tracker. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mood tracker adalah alat yang digunakan untuk merekam suasana hati atau mood seseorang secara berkala. Tujuan dari jenis mood tracker ini adalah untuk membantu mencari pola bagaimana suasana hati bervariasi dari waktu ke waktu dan dalam situasi dan keadaan yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, pelacak suasana hati atau mood tracker dapat berguna bagi orang dengan kondisi kesehatan mental—seperti depresi dan kecemasan—untuk membantu mengidentifikasi dan mengelola suasana hati. Yang mengatakan, mereka dapat berguna bagi siapa saja untuk digunakan, terutama jika kamu memperhatikan perubahan suasana hatimu baru-baru ini.

Jenis mood tracker dapat berkisar dari yang sederhana (jurnal tulisan tangan) hingga yang kompleks (aplikasi online yang mengumpulkan berbagai informasi) dan tersedia dalam berbagai titik harga.

Baca Juga:7 Langkah Menaikkan Mood, Hindarkan Kamu dari Gangguan Suasana Hati3 Faktor yang Menentukan Mood, Pahami Mengapa Suasana Hatimu Berubah

Mengapa Mood Tracker Penting

Pelacakan suasana hati dapat bermanfaat untuk sejumlah alasan berbeda. Misalnya, ini mungkin membantumu:

  • Mengidentifikasi pemicu eksternal dan internal yang menyebabkan perubahan suasana hati atau mood swings.
  • Mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana faktor-faktor seperti tidur, diet, dan aktivitas sehari-hari memengaruhi suasana hatimu.
  • Menembangkan teknik koping untuk membantu mengatasi suasana hati yang negatif dan perilaku yang tidak diinginkan.
  • Menemukan pola dan pahami perubahan suasana hati dengan lebih baik.
  • Memutuskan apa yang membantu mengangkat suasana hatimu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa aplikasi pelacakan suasana hati atau jenis mood tracker lainnya dapat membantu mengurangi perilaku berbahaya. Satu studi menemukan bahwa aplikasi pelacakan suasana hati atau mood tracker berguna untuk mengurangi pikiran menyakiti diri sendiri pada remaja.

Jenis mood tracker (Sumber: freepik.com)

Jenis Mood Tracker

Ada sejumlah jenis mood tracker berbeda yang dapat berguna untuk melacak suasana hatimu. Beberapa dari mereka:

Jurnal harian: Melacak suasana hatiny bisa sesederhana menulis di agenda atau jurnal harian. Kamu dapat mencoba penjurnalan DIY menggunakan buku catatan, perencana harian bergaya kalender, atau sistem penjurnalan peluru. Jenis mood tracker ini juga dapat memberikan manfaat tambahan dalam membuat jurnal.

0 Komentar