Ternyata ini 5 Kebiasaan yang Membuat Hidup Tidak Bahagia, Salah Satunya Mengabaikan Diri Sendiri

kebiasaan yang membuat hidup tidak bahagia
ilustrasi wanita menyendiri/pexels
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Definisi bahagia mungkin akan berbeda setiap orangnya. Tapi semua orang akan bersepakat kalau hidup tenang termasuk dalam definisi hidup bahagia itu sendiri. Tapi sayangnya, tenang tidak semudah yang diucapkan.

Ada beberapa hal yang tidak disadari atau kebiasaan yang membuat hidup tidak bahagia, dan merasakan resah terus-terusan. Perasaan tersebut akhirnya membawa kesimpulan bahwa hidup tidak berpihak kepadanya, atau dunia memanglah buruk.

Padahal jikalau ingin ditelusuri, kebahagiaan bisa datang dari diri sendiri. Pun dengan perasaan merasa buruk tersebut.

Kebiasaan yang Membuat Hidup Tidak Bahagia

ilustrasi wanita menyendiri/pixabay

Baca Juga:Bukan Extension, Begini 6 Cara Membuat Bulu Mata Tebal dan Lentik Alami5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Sederhana, Yakin Nggak Mau Nyoba?

Ada beberapa kebiasaan yang membuat hidup tidak bahagia yang seringnya tidak disadari. Dengan refleksi terhadap beberapa poin ini, kamu akan menemukan jalan tenang dan hidup bahagia.

1. Mengabaikan Diri Sendiri

Hal ini termasuk banyak hal. Mulai dari terus mementingkan orang lain, mengesampingkan diri sendiri, tidak jujur dengan perasaan saat ini, juga denial tentang apa yang terjadi dengan diri sendiri.

Kamu mungkin beranggapan bahwa mementingkan orang lain di atas dirimu adalah sebuah sikap bijak. Tapi jika hal itu terus dilakukan dan mengabaikan diri sendiri, maka akhirnya akan menjadi kebiasaan yang membuat hidup tidak bahagia.

Pun dengan sikap denial. Apapun yang terjadi dengan dirimu dan perasaanmu, terimalah dan akui hal itu apa adanya. Jujur terhadap diri sendiri dan mengakui kalau kamu sedang merasa marah, kecewa, cemburu, bahkan gagal. Jika rasa sakit di hati sudah diterima dan bisa berdamai, kamu akan merasa tenang dan akan terus belajar menerima diri sendiri.

2. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Adalah hal wajar saat kita merasa iri dengan orang yang memiliki pencapaian atau hidup yang lebih baik. Namun sangat tidak bijak jika hal itu terus dilakukan terus-terusan. Lambat laun akan menjadi kebiasaan yang membuat hidup tidak bahagia.

Sadari bahwa setiap manusia adalah unik. Jadi kamu tidak perlu merasa rendah diri dengan keberadaan orang lain yang lebih tinggi dari posisimu. Mungkin dia terlihat bersinar pada satu sisi, namun percayalah kamu juga akan terlihat terang di posisi tertentu.

0 Komentar