5.000 Santri Kendal Siap Meriahkan Peringatan HSN Tahun 2023

5.000 Santri
RAKOR HSN - Sekda Kendal, Sugiono, saat memimpin rakor penyelenggaraan HSN tahun 2023 tingkat Kabupaten Kendal, Rabu (27/9/2023) lalu di Ruang Ngesti Widhi Setda Kendal.
0 Komentar

KENDAL – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di Kabupaten Kendal dipastikan bakal berlangsung meriah. Selain rangkaian acaranya yang beragam, kemeriahan tersebut karena HSN tahun ini bakal mengerahkan 5.000 santri dari seluruh pondok pesantren di Kabupaten Kendal.

Seperti diketahui, HSN diperingati tahun di tanggal 22 Oktober, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri yang diteken sejak 15 Oktober 2015 silam. Penetapan tanggal 22 Oktober ini erat kaitannya dengan peran para santri dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang disimbolkan dari keluarnya Resolusi Jihad dari Syekh Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 yang memicu peristiwa 10 November 1945 melawan tentara Belanda yang tetap ingin menduduki Indonesia.

Tahun 2023 ini merupakan peringatan HSN ke-9 sejak ditetapkan Presiden Jokowi. Peringatan ini biasanya juga dilaksanakan di masing-masing daerah di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Kendal yang dikenal sebagai kota santri. Pemkab Kendal bahkan telah menyiapkan rangkaian acara yang meriah selama Oktober ini.

Baca Juga:Kelurahan Tirto Dominasi Juara Porkel Tahun 2023Dorong Kiprah dan Kebermanfaatan Perpusmas

Terlebih, Bupati Kendal Dico M Ganinduto secara khusus menginginkan agar peringatan HSN 2023 ini bisa dimeriahkan hingga 5.000 santri. Harapan Bupati bukan tanpa alasan, mengingat Kendal juga memiliki banyak pondok pesantren di wilayahnya.

Pekan kemarin, 27 September 2023, Pemkab juga secara khusus mengagendakan rapat koordinasi penyelenggaraan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Kendal tahun 2023 di Ruang Ngesti Widhi Setda Kendal.

Rapat yang dipimpin langsung Sekda Kendal Sugiono ini dihadiri banyak kalangan, seperti perwakilan Polres, Kemenag, OPD Pemkab Kendal, pimpinan ormas Islam, Ketua Baznas, PMI, dan Panitia Peringatan HSN Kabupaten Kendal.

Adapun perwakilan OPD yang hadir antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Diskominfo, Disporapar, Kesbangpol, Disdikbud, dan Disdag. Perwakilan ormas Islam yang hadir antara lain dari PCNU, PD Muhammadiyah, LDII, PD Rifaiyah, PC Muslimat, PD Aisiyah, PC Fatayat, PC GP Ansor, PC IPNU, PC IPPNU, Ketua MPPPI, dan Ketua FKPP Kabupaten Kendal.

Rencananya, puncak peringatan HSN 2023 bakal dipusatkan di Kota Kendal, yang diisi dengan kegiatan upacara,pawai/karnaval, dan pengajian. Sementara hari-hari sebelumnya akan diisi dengan berbagai perlombaan.

0 Komentar