Hobi  

Ketahui 6 Tips ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

kamera mirrorrless kamera_mirrorless kamera-mirrorless
sumber: freepik.com oleh wavebreakmedia_micro (https://www.freepik.com/free-photo/mid-section-woman-holding-digital-camera_11184474.htm#page=2&query=new%20camera%20mirrorless%20sony&position=37&from_view=search&track=ais)

RADAR PEKALONGAN- Dengan inovasinya, sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kehadiran kamera mirrorless menjadi penggeser popularitas dari kamera DSLR(Digital Single Lens Reflex). Perlu diketahui bahwa saat ini tersedia mirrorless untuk keperluan profesional dan untuk sekadar hobi, jadi, ketika kamu akan membeli kamera mirrorless, kamu harus mengetahui cara untuk memilih kamera yang tepat.

Kamera mirrorless, adalah jenis kamera yang tidak mempunyai cermin reflektif di dalamnya. Tanpa adanya cermin tersebut, kamera mirrorless cenderung berukuran lebih kecil dan ringan daripada DSLR. Kamera mirrorless sangat cocok untuk kamu pehobi fotografi karena berukuran ringkas.

Tips Sebelum Membeli Kamera Mirrorless untuk Hobi.

1. Kenali Tipe Mirrrorless untuk Hobi

Kalau kamu ingin membeli kamera mirrorless untuk hobi, pilihlah kamera, lebih baik pilih kamera dengan tipe dengan kisaran harga 10 jutaan, karena dengan kisaran harga tersebut dianggap sudah memiliki spesifikasi yang ‘cukup’ untuk hobi fotografi kamu.

Lalu untuk tipe di atas harga 30 jutaan, umumnya sudah masuk dalam kelompok kamera profesional. Tipe dengan harga tersebut direkomendasikan kalau kamu berniat untuk berwirausaha di bidang jasa fotografi profesional.

Dari berbagai merk, terdapat banyak tipe mirrorless dari harga yang rendah hingga yang tinggi, mulai dari merk Canon, Fuji, Sony dan lain-lain.

2. Perhatikan Tipe Sensor Kamera

Sensor kamera berpengaruh pada gambar yang dihasilkan, terdapat beberapa tipe sensor kamera yang tersedia di pasaran. Ada tipe sensor APS-C, medium dan full frame, untuk kamera standar mirrorless yang saat ini populer adalah tipe APS-C. Tetapi, jika kamu punya bujet lebih, disarankan untuk memilih kamera dengan sensor full frame, dengan kamera full frame, kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih luas jangkauannya serta lebih bagus.

Saat ini harga yang ditawarkan untuk jenis kamera mirrorless full frame adalah di atas 10 jutaan. Meski demikian, jenis APS-C juga masih tergolong bagus jika untuk kebutuhan hobi, termasuk untuk video dokumentasi. Tetapi jika dibandingkan, sensor full frame jauh lebih baik dari segi detail.

3. Ketersediaan Lensa