Hobi  

Perbedaan Utama Kamera DSLR dan Mirrorless

DSLR Canon & Mirrorless Sony
Perbedaan Utama Kamera DSLR dan Mirrorless

RADAR PEKALONGAN- Kamera sebagai alat untuk mengabadikan momen sudah ada sejak zaman dahulu, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula perkembangan dari perangkat yang satu ini.

DSLR(Digital Single Lens Reflex) lebih dulu muncul daripada mirrorless dan mirrorless hadir sebagai inovasi sekaligus pesaing dari DSLR. Meski sudah banyak produk mirrorless, produk DSLR masih mempunyai tempat di hati penggemarnya.

Kamera DSLR adalah versi digital dari SLR film tradisional. SLR menggunakan film untuk menangkap gambar, sedangkan DSLR sudah menggunakan sensor pencitraan ditigal. Dalam kamera DSLR, cahaya masuk melalui lensa dan dipantulkan oleh cermin di badan kamera, sehingga kita dapat melihat pratinjau gambar melalui viewfinder.

Perbedaan utama, sesuai namanya, DSLR adalah kamera yang menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke lensa ke dalam viewfinder, sedangkan mirrorless, sebenarnya adalah DSLR namun, bagian pemantul cahayanya(mirrorbox) dihilangkan.

Meskipun sama-sama kamera, produk DSLR dan mirrorless memiliki perbedaan, berikut ini beberapa perbedan antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless yang harus kamu ketahui sebelum membeli dan menggunakannya.

  • Ukuran dan berat, karena mirrorless tidak memiliki rakitan cermin dan prisma seperti DSLR, mirrorless pada umumnya memiliki bobot lebih ringan dan ukuran kecil. Sebenarnya dengan adanya
  • Pilihan lensa, dari segi pilihan lensa, kamera DSLR memiliki lebih banyak pilihan lensa dibandingan dengan pilihan lensa mirrorless. Mirrorless yang baru ada kurang lebih 10 tahun belum banyak memiliki pilihan lensa sebanyak DSLR, merk dan jenis lensa DSLR lebih banyak dan beragam fungsi juga yang disesuaikan dengan karakter dari DSLR.
  • Viewfinder(jendela bidik), kamera DSLR memiliki viewfinder optik, sedangkan mirrorless memiliki viewfinder elektronik. Viewfinder optik bekerja dengan menggunakan cermin dan prisma untuk melihat objek, sedangkan viewfinder eletronik , berukuran kecil seperti layar LCD yang lebih besar di bagian belakang semua kamera.
  • Baterai, dari segi baterai, dibandingkan dengan DSLR, kamera mirrorless lebih banyak menguras baterai karena kamera mirrorless harus terus menerus memberi daya pada viewfinder elektronik dan layar dari LCD utama.
    • Baterai, dari segi baterai, dibandingkan dengan DSLR, kamera mirrorless lebih banyak menguras baterai karena kamera mirrorless harus terus menerus memberi daya pada viewfinder elektronik dan layar dari LCD utama.