Patut Diacungi Jempol, 4 Strategi Branding Motor Yamaha Berhasil Lawan Dominasi Motor Honda

Strategi Branding Motor Yamaha
Strategi Branding Motor Yamaha (YouTube/Guru Gembul)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Bicara tentang motor Honda memang tak ada habisnya. Tapi kamu sudah tahu belum bagaimana kerasnya strategi branding motor Yamaha dalam melawan dominasi bisnis motor Honda.

Dominasi motor Honda tak usah diragukan lagi karena telah menjadi mitra pemerintah di era pemerintahan Soeharto. Honda secara otomatis menjadi perusahaan yang besar dan tak terkalahkan sebelum kemunculan motor Yamaha pada 1983.

Strategi Branding motor Yamaha kalau dilihat ternyata menarik sekali buat dikupas tuntas.

Baca Juga:Dahsyat Strateginya, Branding 4 Motor Keluaran Yamaha Ini Pernah Bikin Honda Ketar-ketirBegini Cara Jual Produk Lewat TikTok Ads 2023 Efektif yang Bakal Bikin Dagangan Laris Manis

Buat jadi pelajaran bersama kalau mau bangun perusahaan mesti cerdas memanfaatkan peluang yang kecil.

Strategi Branding Motor Yamaha

Branding motor Yamaha (YouTube/Guru Gembul)

Sebenarnya kemunculan motor Yamaha merupakan hasil upaya keras untuk bersaing dengan motor Honda. Karena hampir mustahil motor Yamaha bisa bersaing dengan motor Honda yang telah lama jadi market utama jual beli motor waktu itu.

Motor Honda sudah terlalu kuat berpijak selain karena jadi mitra pemerintah, juga kokoh dalam membangun branding. Branding bahwa motor Honda itu kuat, bandel, hemat dan tahan banting sudah tertancap di pikiran masyarakat.

Perusahaan Yamaha yang baru datang ke Indonesia pada tahun 1969 pun belum tahu pijakan apa biar bisa bersaing dengan Motor Honda. Mau bersaing dengan motor Honda yang dikenal irit, hemat dan bandel sudah pasti kalah telak.

Masyarakat sudah mengenal motor ya hanya Honda saja. Bahkan tidak bisa membedakan antara merek motor dan jenis produknya. Masyarakat pokoknya menganggap motor itu ya Honda.

Inilah yang menjadikan perusahaan Yamaha insecure. Bahkan fase insecure itu berlangsung bertahun-tahun sampai menurut analisa Guru Gembul 10 tahun lamanya.

Namun akhirnya perusahaan Yamaha yang tadinya fokus memproduksi peralatan pesawat oleh pemerintah Jepang sana, menemukan formula untuk bisa bersaing dengan perusahaan Honda.

Baca Juga:Penting Buat Disimak, 6 Kiat Sukses jadi Content Creator TikTok Biar Sering Masuk FYP TerusMudah dan Gampang, 8 Ide Content Marketing TikTok Biar Naik FYP Terus!

Nah, spesial buat pecinta otomotif kami beberkan strategi Branding motor Yamaha adalah sebagai berikut.

Motor Boros, Keras dan Tidak Nyaman

Motor Boros, Keras dan Tidak Nyaman (YouTube/ Guru Gembul)

0 Komentar