Tips Mendidik Anak Berbasis Karakter di Rumah

Tips Mendidik Anak Berbasis Karakter di Rumah
Ilustrasi anak membaca buku /ybkb.co.id/
0 Komentar

Mendidik anak berbasis karakter bisa dilakukan sejak dini, bahkan hal tersebut tentunya akan memberikan manfaat lebih maksimal kepada anak ya Mom.

Karena anak-anak cenderung lebih mudah untuk menyerap dan menerima informasi yang diberikan dan ditanamkan oleh orang tua mereka.Berikut tips mendidik anak berbasis karakter di rumah sesuai usia :

1. Mendidik anak mulai dalam kandungan

Mendidik anak sejak dalam kandungan sudah bukan rahasia umum lagi akan memberikan efek baik kepada janin, bahkan memperdengarkan bunyi-bunyian indah kepada janin didalam kandungan bisa membantu meningkatkan kecerdasan janin. Sedangkan dalam agama Islam, ada hadits juga menganjurkan untuk memperdengarkan keindahan ayat-ayat Al Qur’an pada janin karena bisa memberikan banyak manfaat kepada ibu dan janin.

2. Mendidik anak di usia 0-18 bulan

Baca Juga:Siswa Ikut Jaga Lingkungan Sekolah, SDN KP 2 Bentuk Kader AdwiyataTargetkan 65% Peningkatan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dan Guru Besar

Usia ini, menjadi usia krusial dalam pembentukan karakter seorang anak. Yang dibutuhkan seorang pada usia 0-18 bulan adalah trust atau rasa percaya bahwa ia berada di lingkungan yang aman, melindungi dan mencintainya.

Sehingga transfer cinta itu akan sampai pada anak dalam bentuk trust. Trust yang terbentuk adalah fondasi terbentuknya perasaan aman karena merasa diterima.

3. Mendidik anak usia 2-4 tahun

Seorang anak yang berhasil melewati fase tahapan perkembangan sampai usia 2 tahun. Maka di usia ini anak akan lebih mulai muncul rasa empati kepada orang lain. Oleh karenanya pada usia ini anak harus ditanamkan nilai-nilai yang baik.

Ajarakan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk beserta konsekuensinya. Perkuat harga diri anak agar ia tidak tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri.4. Mendidik anak usia 3,5 -6 tahun Pada masa ini, orang tua harus memberikan anak ruang untuk berkreativitas.

Karena pada masa awal-awal kehidupannya seorang anak mengalami pesatnya perkembangan kreativitas. Maka memberikan ruang untuk bereksplorasi menjadi pilihan bijak dalam menyambut masa-masa emas tumbuh kembangnya.(*).

0 Komentar