Menghadapi Orang yang Self-Centered, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Menghadapi orang yang self-centered
Menghadapi orang yang self-centered. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Orang dengan self-centered atau yang menempatkan dirinya sebagai pusat dunia atau sederhananya adalah orang yang egois, seringkali menguras tenaga untuk dihadapi. Oleh karenanya, kamu perlu beberapa tips berikut untuk bisa menghadapi orang yang self-centered dengan lebih baik dan tidak melelahkan.

Menghadapi Orang yang Self-Centered

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantumu menghadapi orang yang self-centered.

Beritahu Mereka Bagaimana Perasaanmu

Sementara beberapa orang mungkin memiliki keinginan sadar untuk menjadi pusat perhatian dan mengalihkan perhatian dari orang lain, kebanyakan orang yang melakukannya mungkin tidak menyadari bahwa mereka melakukannya atau bagaimana perilaku mereka berdampak pada orang lain.

Baca Juga:Self-Centered: 5 Tanda Bahwa Seseorang Memusatkan Dunia Kepada Diri SendiriVampir Energi: Kenali 5 Tanda Orang yang Menguras Energimu

Jika orang tersebut tidak mengetahui perilakunya, kamu dapat berdiskusi secara jujur dengannya tentang bagaimana kata-kata dan tindakannya memengaruhimu. Kebanyakan orang merespons untuk dialihkan atau dapat belajar untuk dialihkan.

Sarankan Terapi

Jika orang tersebut terbuka terhadap sugesti, kamu bisa menghadapi orang yang self-centered dengan menyarankan terapi yang dapat membantu mereka memeriksa perilakunya, menyelidiki penyebabnya, dan belajar untuk lebih memperhatikan orang lain.

Tegaskan Dirimu

Jika orang tersebut tidak peduli, kamu dapat menegaskan dirimu untuk memastikan kebutuhan dan preferensimu didengar. Dr. Daramus merekomendasikan bersikap diplomatis tetapi spesifik dalam kebutuhan dan preferensimu.

Misalnya, jika kamu sedang kesal dan ingin curhat, tetapi orang tersebut cenderung memonopoli percakapan, kamu bisa menghadapi orang yang self-centered ini dengan menarik perhatiannya. Daramus menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti: “Hei, aku mengalami hari yang panjang di tempat kerja, apakah kamu punya waktu 15 menit untuk mendengarku curhat?”

Atau, jika kamu mencoba merencanakan jalan-jalan dengan mereka, Dr. Daramus mengatakan kamu dapat mengambil alih dan menghindari memberi mereka kendali atas proses pengambilan keputusan dengan mengatakan: “Kami berencana untuk menonton film ini, maukah kamu bergabung dengan kami?”

Sesuaikan Harapanmu

Berada di sekitar orang-orang yang mementingkan diri sendiri dapat membuatmu kecewa, kesal, atau marah jika mereka tidak peduli denganmu. Kamu bahkan mungkin merasa dimanfaatkan karena kamu telah memberi mereka begitu banyak waktu, tenaga, perhatian, dan dukungan tanpa menerima banyak imbalan. Oleh karenanya, kamu harus menyesuaikan harapanmu untuk menghadapi orang yang self-centered.

0 Komentar