Meriahnya Kirab Budaya Desa Kalirejo, Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi

Meriahnya Kirab Budaya Desa Kalirejo, Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi
ACHMAD ZAENURI KIRAB BUDAYA - Warga kampung mberan Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung laksanakan kirab budaya. Minggu 20 Oktober 2024.
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, KENDAL – Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, dipenuhi semarak warga pada Minggu (20/10/2024), ketika ratusan orang memadati acara kirab budaya tahunan.

Kirab ini menjadi daya tarik utama bagi masyarakat setempat dengan tema “Mongso Labuh,” yang mengusung gunungan hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan, dan polowijo. Bahkan, beberapa warga membawa makanan untuk dibagikan kepada sesama.

Gunungan-gunungan tersebut diarak berkeliling kampung, dimulai dari musala menuju area persawahan. Setelah prosesi doa bersama di persawahan, gunungan tersebut diperebutkan oleh warga dengan penuh antusiasme. Tradisi ini mengakar kuat sebagai bentuk syukur warga menjelang musim tanam padi.

Baca Juga:KPU Batang Intensif Lakukan Disinfeksi Gudang Logistik Pilkada, Cegah Kerusakan oleh SeranggaBus Rombongan Pengantin Terguling di Pekalongan, Dua Tewas dan Belasan Terluka

“Acara ini sudah memasuki tahun ketiga setelah sempat terhenti, dan sekarang menjadi agenda rutin masyarakat Kampung Mberan,” ujar Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto, didampingi Sekretaris Desa, Ali Zuhri.

Teguh menjelaskan, kirab budaya tahun ini lebih meriah dengan rangkaian acara yang lebih padat. Setelah prosesi kirab, digelar pentas seni yang diikuti oleh anak-anak TK, SD, dan MTs.

Selain itu, ada festival kesenian barongan yang menampilkan 11 grup kesenian dari sekitar Desa Kalirejo, berlangsung dari siang hingga malam hari.

“Kegiatan ini terkait dengan Mongso Labuh, yaitu masa persiapan musim tanam padi. Ini merupakan ungkapan rasa syukur kami kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan,” jelas Teguh.

Teguh juga berharap, melalui kirab budaya ini, musim tanam dapat berjalan lancar dan hasil panen meningkat. Selain melestarikan budaya, acara ini juga memberikan hiburan bagi masyarakat serta meningkatkan perekonomian lokal, karena para pedagang dan pelaku UMKM bisa berjualan di sekitar lokasi acara.

0 Komentar