5 Langkah Mudah Mencegah Ngorok, Segera Buktikan!

Langkah mudah mencegah ngorok
Langkah mudah mencegah ngorok ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Hal ini terjadi karena tidur yang bertumpu pada punggu akan menyebabkan pangkal lidah dan langit-langit menutupi tenggorokan sehingga menimbulkan suara saat tidur. Untuk mengatasinya bisa mencoba tidur dengan acara menyamping.

Ilustrasi posisi tidur yang benar ( foto : freepik.com)

  1. Tidur yang cukup

Langkah mudah mencegah ngorok yang kedua adalah tidur yang cukup. Kurang tidur atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup bsia menyebabakan kamu mendengkur karena kelelahan. Cobalah untuk mencukupi tidur dengan durasi tidur 7-9 jam tiap harinya.

Ilustrasi tidur yang cukup ( foto : freepik.com)

  1. Banyak minum air putih

Langkah mudah mencegah ngorok yang ketiga adalah banyak meminum air putih. Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi maka lendir di hidung dan tenggorokan akan semakin lengket dan semakin sulit untuk dikeluarkan. Hal ini bisa menyebabkan kamu tertidur dengan ngorok.

Ilustrasi minum air putih yang cukup ( foto: freepik.com)

Baca Juga:Miliki 2 CGP, SMP Islam Pekalongan Disiapkan Jadi Sekolah PenggerakIKM Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

Untuk menghindarinya, maka kamu harus mencukupi kebutuhan air setiap harinya yaitu sekitar 8 gelas setiap hari bagi dewasa.

  1. Cuci hidung dengan air garam

Langkah mudah mencegah ngorok yang keempat adalah mencuci hidung dengan air garam. Tidur ngorok juga bisa terjadi karena adanya pembengkakan di dalam hidung, misalnya karena iritasi, alergi, atau infeksi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam. Caranya adalah dengan menyemprotkan air garam ke dalam hidung dengan alat yang disebut netipot.

Ilustrasi mencuci hidung dengan air garam ( foto: freepik.com)

Langkah ini juga baik dilakukan untuk mencegah dan menangani sinusitis secara alami di rumah. Selain itu, mandi air hangat sebelum tidur pun bisa mencegah kamu tidur mendengkur.

  1. Jaga berat badan ideal

Langkah mudah mencegah ngorok yang ke lima adalah menjaga berat badan ideal. Menjaga berat badan bisa menjadi solusi untuk mengatasi mendengkur, terlebih jika penyebab mendengkur adalah karena obesitas. Tapi tetap saja mendengkur bisa juga dialami oleh orang yang bertubuh kurus.

Ilustrasi menang berat badan dengan nutrisi seimbang ( foto : freepik.com)

Oleh karenanya tetap jaga berat badan ideal dan memberikan asupan nutrisi yang baik dan rajin berolahraga.(*)

0 Komentar